Optimalisasi Peran Orang Tua Mendampingi Anak Saat BDR - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


Iklan BUMN



Penghargaan dari Kedubes Maroko


 

08 Agustus 2020

Optimalisasi Peran Orang Tua Mendampingi Anak Saat BDR


Ketgam : Kadisdik Batu Bara Ilyas Sitorus SE M.Pd.

Medan, suarakpk.com - Dalam forum penyusunan draft pedoman optimalisasi peran orang tua dalam mendampingi anak Belajar Dari Rumah (BDR), Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Batu Bara Ilyas Sitorus SE M.Pd menyajikan sejumlah gagasan menarik di Gedung Rektorat Ruang Sidang A Biro Rektor Universitas Negeri Medan Lt. III, Jum'at 07/08/2020.

Kegiatan ini menurutnya salahsatu media dalam mempertemukan keinginan keluarga dan sekolah dalam mensukseskan program Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) dan Belajar Dari Rumah (BDR).

Beliau mengatakan, sebagaimana kita cermati pandemi Covid-19 telah 'mengguncang' hubungan keluarga dan sekolah yang mengharuskan anak Belajar Dari Rumah.

" Banyak orang tua merasa kewalahan karena merasa tidak mampu, tidak punya waktu, dan tidak memiliki kompetensi untuk mendampingi anak mereka belajar di rumah" kata Ilyas.

Pada kesempatan itu, Ilyas Sitorus menawarkan sejumlah jalan keluar yang menarik diantaranya adalah mempertemukan keluarga dalam sebuah pelatihan/workshop untuk membangun jembatan komunikasi antara keluarga dan sekolah. 

" Dalam pelatihan/workshop tersebut, keluarga dan sekolah diberi kesempatan mengurai masalah yang dihadapi masing-masing dan mencari jalan keluar yang paling nyaman bagi kedua belah pihak" ucapnya.

Prof Syawal Gultom mengapresiasi secara baik gagasan-gagasan yang dikemukakan Kadisdik Batu Bara dan mendorong untuk segera melakukan legalitas formal atas peran pendampingan orangtua dalam mensukseskan BDR dan menyusun draft panduan bagi orangtua dan guru untuk dibahas pada pertemuan berikutnya.

Prof Minda sebagai pemandu kegiatan FGD ini mengatakan Forum ini sendiri merupakan forum advokasi perguruan tinggi - dalam hal ini Universitas Negeri Medan - terhadap Dinas Pendidikan Kab/Kota yang membutuhkan pendampingan dalam penyusunan pedoman PJJ dan BDR sesuai konteks permasalahan yang khas daerah masing-masing.

Hadir Rimbananto, Government Relation Tanoto Foundation Provsu, District Coordinator Kabupaten Batu Bara Bobby Widanto Soegiono, Sekretaris Disdik Batu Bara Drs Darwinson Tumanggor M,Si, Kabid Dikdas Batu Bara Irwansyah S.Pd, Kasi PTK Rahmad Zein S.Pd M.Si serta peserta lainnya.


(575)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HUT SUARAKPK Ke 9 (2018)