Polres Wonogiri Tanam 21.850 Bibit Pohon di Eromoko - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


Iklan BUMN



Penghargaan dari Kedubes Maroko


 

08 November 2019

Polres Wonogiri Tanam 21.850 Bibit Pohon di Eromoko


WONOGIRI, suarakpk.com - Musim kemarau panjang yang melanda wilayah wonogiri menimbulkan sejumlah dampak diantaranya kekeringan dan serbuan monyet. Hal tersebut disikapi jajaran Polres Wonogiri dengan memberikan bantuan berupa puluhan ribu bibit buah dan pohon di kawasan Waduk Baran, Lingkungan Baran, Kelurahan Puloharjo, Kecamatan Eromoko.

Kegiatan tersebut dipimpin oleh Kapolres Wonogiri AKBP Uri Nartanti Istiwidayati, SIK MSi, Kabagops Kompol Agus Pamungkas, SH MH beserta pejabat utama Polres Wonogiri, Ketua Tim Penggerak PKK Verawati Joko Sutopo, Camat Danang Erawanto, Kapolsek Iptu Anom Prabowo, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah ( BPBD ) Wonogiri Bambang Haryanto,Lurah Puloharjo Suyoto dan tamu undangan lainnya pada Jumat (8/11) pagi.

Camat Eromoko Danang Erawanto mengatakan kawasan Waduk Baran akan menjadi salah satu destinasi wisata baru di Kecamatan Eromoko.

“Dengan melibatkan peran para pemuda dalam proses pembangunan pengelolaan kawasan wisata Waduk Baran,” ujarnya.

Danang menuturkan kawasan tersebut dahulunya merupakan daerah yang sering digunakan untuk kegiatan negatif seperti minum minuman keras, berkat jerih payah karang taruna dan pihak kelurahan akhirnya berhasil menyulap tempat tersebut menjadi kawasan wisata yang ramah.

“Proses kerja keras pemuda dengan tanpa menggunakan anggaran dan kami berterimakasih kepada Polres Wonogiri dengan memberikan bibit penghijauan,” ulasnya.

Danang berharap kegiatan penghijauan tersebut menjadi embrio dalam rangka melestarikan lingkungan hidup.

“Kita menghijaukan Kabupaten Wonogiri demi mata air dan demi anak cucu,” bebernya.

“Terimakasih kepada Ibu Kapolres Wonogiri yang telah menggerakan seluruh elemen masyarakat untuk terlibat dalam kegiatan ini dan terimakasih atas motivasinya pada kami semua yang telah di bimbing untuk menjadi pahlawan masa kini” tambabnya

Kapolres Wonogiri AKBP Uri Nartanti Istiwidayati mengatakan kegiatan tersebut dalam rangka memperingati Hari Pahlawan 2019 dengan tema tahun ini aku pahlawan masa kini.

“Temanya kekinian, kita diharapkan menjadi pahlawan di lingkungan masing-masing, kita semua punya kapasitas dan kita diharapkan peka terhadap sekitar,” ungkapnya.

Kapolres menjelaskan sejumlah 14 kecamatan di Kabupateb Wonogiri mengalami kekeringan.

“Kabupaten Wonogiri menghadapi kemarau panjang dari bulan April, selain kekeringan serangan monyet liar juga menjadi permasalahan,” katanya.

Langkah sederhana yang bjsa dilakukan menurut Kapolres adalah ketika kita makan buah, bijinya jangan dibuang namun disemai.

“Biji buah yang sudah siap tanam merupakan tabungan ke depan di tanam pas musim hujan, tanaman bisa menjadi penghasil buah dan penghasil air, kita juga tidak mau kera ekor panjang sampai punah,” sambungnya.

Sementara Ketua Tim Penggerak PKK Verawati Joko Sutopo mengapresiasi kegiatan yang dilakukan jajaran Polres Wonogiri tersebut.

“Ide luar biasa reboisasi, apresiasi kepada Bu Kapolres atas penanaman pada hari ini, mari kita rawat bersama lingkungan demi anak cucu kita,” tegasnya.

Kapolsek Eromoko Iptu Anom Prabowo menjelaskan bibit tersebut akan ditanam di sejumlah desa di Kecamatan Eromoko, khusus bibit buah akan ditanam di kebun rakyat di dekat hutan.

“Kawasan Waduk Baran ke depan akan menjadi sentra wisata kuliner dan tempat nongkrong yang representatif, tidak ada tiket masuk cuma bayar parkir yang akan dikelola oleh para pemuda yang tergabung dalam karang taruna,” bebernya.

Dalam acara tersebut diserahkan bibit pohon kepada masyarakat dengan rincian Trembesi sebanyak 8000, Sengon sebanyak 6000, Gambelina sebanyak 1000, Mahoni sebanyak 2000, Sirsak sebanyak 4000, Duwet sebanyak 250 dan Jambu Biji sebanyak 600. (Pungki/Red).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HUT SUARAKPK Ke 9 (2018)