KBM UHO Temui Komnas HAM di Jakarta, Ini Hasil Pertemuannya! - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


KODE ETIK WARTAWAN SUARAKPK

19 Oktober 2019

KBM UHO Temui Komnas HAM di Jakarta, Ini Hasil Pertemuannya!

KBM UHO saat berkunjung ke Kantor Komnas HAM di Jakarta.

KENDARI, suarakpk.com- Guna mencari keadilan atas peristiwa pembunuhan terhadap 2 orang mahasiswa UHO, Keluarga Besar Mahasiswa (KBM) Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra) kunjungi Komnas HAM RI di Jakarta, Kamis (17/10) lalu.

Hal ini dibenarkan oleh Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) UHO, Maco. Kata dia, pengusutan yang dilakukan Kepolisian Daerah (Polda) Sultra dinilai lamban. Untuk itu, atas inisiatif sendiri, mereka berkunjung ke Jakarta demi menuntaskan masalah tersebut.

"KBM UHO melukakan audiensi bersama Komnas Ham RI di Jakarta pusat pada hari kamis 17 Oktober 2019 pukul 10.00 wita", uajrnya saat di hubungi via telepon, Sabtu (19/10).

Ia mengungkapkan, hasil diskusi mereka bersama Komnas HAM ialah Komnas HAM RI sangat serius secara nasional mengawal dan mengusut tuntas kasus represif pihak kepolisian dan akan membentuk tim investigasi melalui rapat paripurna Komnas HAM.

"Komnas HAM ke Kendari kemarin dan sudah mengumpulkan data seluruh informasi dari berbagai pihak yang bersangkutan dengan kematian 2 orang mahasiswa UHO", bebernya.

Selain itu, Maco juga menuturkan dari hasil diskusi itu dijelaskan bahwa apabila sudah jelas pelaku dan hukumannya harus di lakukan secara transparan dan pihak Komnas HAM meminta Kapolri menegakkan hukum sesuai dengan hukum yang berlaku dan melakukan koordinasi dengan pihak Polda.

Kasus tersebut akan disatukan pengaduannya nanti dengan kasus 2 orang mahasiswa yang meninggal di Jakarta untuk diproses secara bersamaan. Komnas HAM juga akan ikut menanyakan ke Mabes Polri terkait kenapa pemeriksaan selongsong peluru harus dilakukan di Belanda.

"Komnas HAM meminta dukungan agar bisa mendorong dengan cepat proses dan penegakan hukum secara adil dan transparan", jelasnya.

"Komnas HAM akan melakukan koordinasi dengan pihak kemenristekdikti untuk menjaga kondusifitas di tiap perguruan tinggi di Indonesia dan melakukan atau mempresure pemenuhan hak terhadap korban serta akan menerbitkan surat dan ditujukan ke Gubernur Sultra, dan rektor UHO. Rektor akan berkoordinasi dengan pemerintah daerah Sultra", pungkasnya. (Randy Yaddi).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HUT SUARAKPK KE 9 (APRIL 2018)