Sahabat Sejati Sumsel Datangi Mako Yonif 516/CY, Kota Surabaya - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


14 August 2018

Sahabat Sejati Sumsel Datangi Mako Yonif 516/CY, Kota Surabaya


SURABAYA, suarakpk.com - Generasi muda, merupakan salah satu ujung tombak bangsa dan negara dalam menjaga, dan mempertahankan keutuhan NKRI. Bahkan, TNI juga tak henti-hentinya untuk terus memberikan berbagai pemahaman ke para generasi penerus bangsa tersebut, akan pentingnya menjaga kedaulatan dan keutuhan negara (Indonesia, red).
Berbagai ide, maupun gagasan mulai diluncurkan oleh TNI dalam membentuk karakter generasi penerus bangsa yang berjiwa patriotisme dan nasionalisme. Seperti halnya program Sahabat Sejati yang saat ini sering digaungkan oleh pihak TNI-AD dalam merangkul para generasi muda di wilayah tugasnya.
Tak hanya di bekali wawasan kebangsaan dan bela negara saja, para generasi muda yang terpilih menjadi peserta Sahabat Sejati tersebut, nantinya juga dapat melihat secara langsung kehidupan sehari-hari para prajurit TNI ketika berada di dalam barak militer.
Seperti halnya puluhan peserta Sahabat Sejati asal Provinsi Sumatera Selatan yang tiba di Mako Yonif 516/CY, Kota Surabaya, Jawa Timur. Sontak, kedatangan puluhan siswa/siswi yang dipimpin oleh Ketua PKBL PT PP (Persero), Panji Decca Dunianto dan Ketua PKBL PT Inka (Persero), Khoirul Huda, Senin, 13 Agustus 2018 pagi itu, langsung mendapat sambutan langsung dari Kepala Staf Kodam (Kasdam) V/Brawijaya, Brigjen TNI Widodo Iryansyah, S. Sos.
Kasdam mengungkapkan, generasi muda merupakan salah satu harapan, sekaligus aset bangsa yang paling penting. Hal itu, kata Brigjen Widodo, seakan menjadi perhatian bagi pihak TNI untuk memberikan pemahaman akan pentingnya bela negara ke para generasi penerus bangsa tersebut.
“Jika dari sekarang generasi muda diberi pemahaman akan pentingnya tentang bela negara dan hidup berdisiplin, kelak mereka dapat memiliki sikap juang dan mental yang tangguh dalam kehidupan berbangsa dan bernegara,” ujar Kasdam.
Program yang digagas sejak tahun 2015 tersebut, menurut Kasdam, akan menjadi kegiatan yang terprogram dan berkelanjutan. “Program ini, diharapkan dapat menjadi kegiatan rutin tahunan yang akan dilakukan secara reguler di tahun-tahun mendatang,” jelasnya.
Jenderal kelahiran Kota Surabaya itu menambahkan, nantinya, para peserta akan melihat secara detail kehidupan sehari-hari prajurit TNI-AD, khususnya Yonif 516/CY ketika berada di barak militer.
“Para peserta, nantinya akan dikenalkan dengan kehidupan militer. Mulai dari bangun tidur, hingga tidur lagi (istirahat),” ungkap Brigjen Widodo melalui amanat Pangdam yang dibacakannya.
Dirinya meyakini, kegiatan satu hari bersama TNI saat ini, akan menjadi suatu kebanggaan tersendiri bagi siswa/siswi asal Sumsel tersebut. Sebab, kata Kasdam, para peserta itu, nantinya akan merasakan, dan mengikuti secara berbagai kegiatan yang nantinya akan digelar oleh Yonif 516/CY.
“Untuk itu, saya mengharapkan materi pembekalan dan latihan yang adik-adik ikuti saat ini, dapat menumbuh kembangkan rasa percaya diri, disiplin dan semangat juang yang tinggi yang dilandasi oleh semangat kebersamaan,” pinta Kasdam V/Brawijaya, Brigjen TNI Widodo Iryansyah, S.Sos. (Asnan/red-pendamV)

No comments:

Post a Comment