Ka Kwarcab Labuhanbatu Buka Perkemahan Compas ke-II - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


26 October 2017

Ka Kwarcab Labuhanbatu Buka Perkemahan Compas ke-II

Waka Bina Muda, Sarimpunan Ritonga membuka Perkemahan Competition Pay Attention and Scout (Compas) II Perguruan Al-Ittihad Aeknabara

LABUHANBATU, suarakpk.com - Ketua Kwarcab Pramuka Labuhanbatu, Hj. Siti Awal Siregar melalui Waka Bina Muda, Sarimpunan Ritonga membuka Perkemahan Competition Pay Attention and Scout (Compas) II Perguruan Al-Ittihad Aeknabara di Bumi Perkemahan N4 Aeknabara, Kamis (26/10).

Dalam sambutannya, Sarimpunan membacakan pidato Hj. Siti Awal Siregar meminta semua peserta mengikuti setiap mata lomba dengan disiplin, junjung tinggi sportifitas.

Menjadi yang terbaik ujarnya, memang tujuan. Tetapi jujur yang menjadi tujuan terbaik. Karena, Perkemahsn Compas memiliki tema satu hati, satu tekad, untuk satu tujuan, melestarikan budaya Indonesia melalui Gerakan Pramuka.

Untuk mencapai itu, bukanlah mudah mengingat kecendrungan pemuda dan pemudi kurang menyukai budaya daerah masing-masing.

Namun dengan terselenggaranya perkemahan ini, diharapkan agar generasi muda lebih mencintai budaya dan bangga menjadi Indonesia.

"Momen bertepatan dengan Sumpah Pemuda 28 Oktober, sangat penting. Sebab, sejarah mencatat semenjak ikrar tersebut, bergulirlah rasa persatuan dan kesatuan mendorong perlawanan terhadap penjajahan," ujarnya.

Perjuangan panjang mengantarkan segenap bangsa Indonesia menuju kemerdekaan 17 Agustus 1945 dengan hebatnya pengaruh sumpah pemuda bagi pergerakan kemerdekaan.

Sejalan dengan itu, harapan tertumpu pada generasi muda, khususnya Penggalang dan Penegak untuk memenuhi amanat Anggaran Rumah Tangga Pramuka tahun 2013.

"Dengan demikian, langkah bersama kita ini untuk turut memberi andil dalam membentuk generasi muda Indonesia menjadi generasi emas," pintanya.

Sebelumnya, ketua panitia pelaksana, Stiya Riswi melaporkan, peserta Perkemahan Compas ke-II berasal dari Labuhanbatu Raya dengan jumlah total 1746 orang yang akan mengikuti 12 pertandingan. (IR.012/RED/SUMUT)

No comments:

Post a Comment