Perkenalkan Wisata Dengan Peringati Detik-Detik Proklamasi Di Tengah Laut - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


17 August 2017

Perkenalkan Wisata Dengan Peringati Detik-Detik Proklamasi Di Tengah Laut

Cilacap, Suarakpk.com – Setiap tahun dalam memperingati detik-detik Proklamasi 17 Agustus warga Kampung Laut, Cilacap melaksanakan upacara di  tengah Laguna Segara Anakan. Demikian juga pada peringatan HUT Kemerdekaan RI ke 72, mereka juga melaksanakan di tengah laut. Para peserta upacara berada di atas perahu-perahu selama upacara berlangsung.

Saat ditemui usai upacara Camat Kampung Laut, Nurindra Wahyu mengatakan tujuan utama diadakannya upacara di tengah Segara Anakan ini adalah untuk mengunggulkan laut, karena hampir seluruh masyarakatnya hidup dari laut.

"Tidak ada salahnya jika kita melaksanakan upacara di tengah laut dengan tujuan kita ingin mengunggulkan laut karena kita hidup dari laut, masyarakat kita juga banyak berkecimpung di laut,” katanya, Kamis (17/08/2017).

Menurutnya, kegiatan upacara di tengah Segara Anakan untuk menjaga kearifan lokal dari masyarakat Kampung Laut.

" Tiap tahun kita ada inovasi-inovasi yang harapan kita ini bisa jadi satu destinasi wisata. Ini merupakan kearifan lokal dari masyarakat kampung, sehingga kita mengakomodir itu,” ujarnya.

Pelaksanaan upacara di tengah Segara Anakan, jelas Nurinda merupakan sesuatu yang unik, dan di Kecamatan lain belum ada. Ini sudah yang kali kelimanya kita melaksnakan upacara Bendera memperingati detik-detik Proklamasi di tengah laut.

“Kegiatan ini awal mula dilakukan pada tahun 2013 yang diikuti oleh 4 Desa yang ada di Kampung Laut, instansi, tokoh masyarakat, lembaga serta Himpunan Seluruh Nelayan Indonesian (HSNI), dan di Kecamatan ini setidaknya ada 25 pulau yang hanya 5 pulau di antaranya yang dihuni warga,” ungkapnya.

Nurinda berharap kegiatan upacara di laut ini bisa terus dilakukan dan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan, sehingga bisa menjadi penyemangat bagi masyarakat Kampung Laut.

"Harapan kita bisa dilestarikan yang lebih baik lagi dan bisa menjadi motivasi dan penyemangat bahwa kita tidak lagi terisolir, tapi justru kita bisa jadi destinasi wisata, sehingga orang bisa berkunjung kemari," pungkasnya. (Heru)

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad