Fakultas Syari'ah IAIN Salatiga Pasang jam Bencet. - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


Penghargaan dari Kedubes Maroko


 

23 April 2018

Fakultas Syari'ah IAIN Salatiga Pasang jam Bencet.


SALATIGA, suarakpk.com - Fakultas Syariah IAIN Salatiga pasang jam bencet di Halaman Masjid Kampus II, pemasangan Jam Bencet sendiri dimaksudkan untuk melestarikan Khasanah tradisi keIslaman.
Pemasangan yang diprakarsai oleh KH.Misbahul Munir Al-falakiy, Ahli Falak Nasional.

Menurut KH. Misbahul Munir bahwa jam bencet, bekerja untuk menunjukkan waktu dengan patokan pergerakan Matahari. Jam tersebut juga dapat dipakai sebagai penunjuk waktu shalat. Namun sejak adanya jam mekanik, penggunaan jam bencet mulai ditinggalkan.

"Ya jam bencet ini kerjanya untuk menunjukan waktu dengan mengetahui posisi Matahari dan ini sudah dipakai sejak jaman kuno" katanya tadi siang, Senin (23/04/2018).

Sementara, Dekan Fakultas Syariah IAIN Salatiga Dr. Siti Zumrotun, M.Ag mengungkapkan maksud dan tujuan pemasangan jam bencet selain untuk menunjang kegiatan akademik, pemasangan jam bencet juga sebagai momentum memompa kembali semangat jiwa pembelajaran Ilmu Falak di IAIN Salatiga yang sebelumnya telah dirintis oleh KH.Zubair Umar Al-Jailani Ahli Falak sekaligus Pendiri IAIN Salatiga.

"Ini momentum untuk mengingat mbah Zubair sebagai Ahli Falak dan sekaligus pendiri IAIN Salatiga, karena beliau termasuk Tokoh Falak Internasional". kata Zumrotun

Di sisi lain, dikatakan oleh Ahli Falak Fakultas Syari'ah IAIN Salatiga M.Rifa Jamaluddin Nasir, M.Si, jika pemasangan jam bencet ini, nantinya akan sangat membatu sebagai media pembelajaran mahasiswa seperti penentu akurasi waktu shalat, arah kiblat, deklinasi pergerakan matahari, mengetahui bulan-bulan Masehi dan mengetahui mangsa/musim.

"Dengan adanya jam bencet ini nanti bisa digunakan kajian akademis untuk mengetahui waktu-waktu dan arah kiblat" kata Rifa. (Jamal/001/red)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HUT SUARAKPK Ke 9 (2018)