Wiyatno Minta Kab. Kapuas Dan Pulpis Jadi Penyangga Pangan - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


Penghargaan dari Kedubes Maroko


 

08 Oktober 2019

Wiyatno Minta Kab. Kapuas Dan Pulpis Jadi Penyangga Pangan

Wiyatno, Ketua DPRD Kalimantan Tengah.

SUARAKPK, PALANGKA RAYA - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kalimantan Tengah, Wiyatno meminta kepada Pemerintah Provinsi menjadikan Kabupaten Kapuas dan Pulang Pisau, sebagai salah satu lokasi penyangga pangan untuk Ibu Kota Pemerintahan Republik Indonesia yang baru.


Kondisi dan kesuburan tanah di dua kabupaten tersebut sangat bagus untuk dijadikan lokasi pengembangan tanaman pangan berbagai jenis, jelas Wiyatno di Palangka Raya, Selasa (08/10/2019).

"Kabupaten Kapuas dan Pulpis sampai sekarang pun kan lumbung padi Kalteng. Jadi, sangat tepat dijadikan lokasi penyangga pangan bagi Ibu Kota Pemerintahan Indonesia yang baru," tambahnya.

Dikatakan, jarak antara dua kabupaten tersebut dengan lokasi Ibu Kota Pemerintahan Indonesia yang berada di Provinsi Kalimantan Timur tidak terlalu jauh, sehingga mempermudah pendistribusian pangan di kemudian hari.

Menurut politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) itu, Pemprov sekarang ini tinggal menyediakan dan meningkatkan sarana dan prasarana serta infrastruktur pertanian di dua kabupaten tersebut.

"Lakukan juga intensifikasi pertanian dengan meningkatkan hasil pertanian, serta optimalkan lahan pertanian yang ada, sehingga produksinya pun bisa lebih meningkat," ucapnya.

Wakil rakyat dari Kalteng dari daerah pemilihan V meliputi Kabupaten Kapuas dan Pulpis itu mengatakan, untuk meningkatkan produksi pertanian juga dapat dilakukan dengan cara melakukan ekstensifikasi pertanian, yakni dengan memperluas lahan atau cetak sawah baru.

Dia mengatakan, selain peningkatan infrastruktur pertanian, pemerintah Pemprov juga harus memberi dukungan kepada petani. Adapun bentuk bantuan yang diperlukan adalah obat-obatan, alat dan mesin pertanian serta alat pasca panen.

"Apabila itu dilakukan, maka produksi pertanian di Kalteng dapat ditingkatkan. Upaya lain dengan pengembangan padi unggul. Di mana, padi unggul selain produktivitasnya tinggi juga dapat panen dua kali setahun," tutup Wiyatno. (alw)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HUT SUARAKPK Ke 9 (2018)