Peringati Hari Kesaktian Pancasila, Bupati Sumenep, Ajak ASN Mempertahankan Ideologi Bangsa - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


Penghargaan dari Kedubes Maroko


 

03 Oktober 2019

Peringati Hari Kesaktian Pancasila, Bupati Sumenep, Ajak ASN Mempertahankan Ideologi Bangsa

Sumenep, suarakpk.com - Dalam rangka memperingati Hari Kesaktian Pancasila Pemerintah Kabupaten (Pemkap) Sumenep, Madura, Jawa Timur, melaksanakan Upacara Bendera di Lapangan Adirasa Desa Kalianget Timur Kecamatan Kalianget, Selasa (01/10/2019).

Bertindak sebagai Inspektur Upacara yakni, Bupati Sumenep, Dr. KH. A. Busyro Karim, M.Si, sedangkan Komandan Upacara, yakni; Kapten ARM Muansari, Danramil XVI Kecamatan Gapura dan Pembaca Ikrar Ketua DPRD Sumenep, Hamid Ali Munir.

Dalam amanatnya, Bupati Sumenep, Dr. KH. A Busyro Karim, M.Si, menyampaikan bahwa Pancasila adalah ideologi bangsa, maka jangan sampai ideologi bangsa tergantikan dengan ideologi lain.

“Semua elemen di negeri ini wajib hukummya menerapkan, memperkuat dan melaksanakan Pancasila sebagai ideologi bangsa, sehingga siapapun tidak boleh mempertanyakan atau mengganti Pancasila dengan ideologi lain,” kata Bupati Busyro, Selasa (01/10) kemarin.

Karena itu, sambung Bupati dua periode itu, dalam rangka memperingati Hari Kesaktian Pancasila tidak hanya sebatas melaksanakan upacara semata, namun yang terpenting, semua elemen di Kabupaten Sumenep mampu menerapkan dan mengembangkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

“Agar semangat hari kesaktian Pancasila menjadi landasan untuk mempersatukan semua elemen masyarakat Indonesia yang terdiri dari berbagai suku, budaya dan agama,” tegas bupati 2 pereode ini.

Selain itu Busyro berharap, meski dalam proses pembangunan bangsa dan negara banyak kekurangan, jangan sampai muncul gerakan untuk mengganti Pancasila dengan ideologi lain.

“Saya mengajak semua ASN dan masyarakat mempunyai tanggung jawab mempertahankan ideologi Pancasila. Sehingga dalam kehidupan sehari-hari harus menerapkan nilai-nilai Pancasila, supaya timbul rasa nasionalisme. harapnya. Momentum ini dapat dijadikan pembelajaran agar senantiasa diingat dan aplikasikan setiap harinya,” tuturnya.

Diharapkan pula, momentum upacara hari kelahiran Pancasila tersebut, menjadi wujud yang nyata, artinya, bisa memberikan kontribusi terhadap negara dalam mempertahankan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Menghargai dengan wujud perilaku yang baik setiap harinya adalah makna sebenarnya,” pungkasnya. (AJ).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HUT SUARAKPK Ke 9 (2018)