DPMD Kab. Sumenep Gelar Ujian Tes Bacakades Di Islamic Center - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


KODE ETIK WARTAWAN SUARAKPK

03 Oktober 2019

DPMD Kab. Sumenep Gelar Ujian Tes Bacakades Di Islamic Center

Sumenep, suarakpk.com - Pemkab sumenep menggelar Tes Bacakades ( 02/10/2019 ) yang di pusatkan di Islamic Centre Kecamatan Batuan Kabupaten Sumenep.

Sebanyak 253 peserta dari 35 desa yang ada di akabupaten Sumenep, baik daratan dan kepulauan mengikuti ujian kelayakan untuk menjadi kepala desa, yang calonnya lebih dari lima orang sebagai pembekalan jika nantinya lulus dalam ujian itu, ( tes tulis dan wawancara ).

Untuk memaksimalkan dan menyingkat waktu pihak panitia mengatur beberapa item , diantaranya panitia membagi dua puluh lima (25) kelompok dengan masing - masing kelompok terdiri dari 10 orang. dan dijadikan tiga gelombang.

Gelombang pertama terdiri dari 10 kelompok dengan jumlah 100 orang peserta, dan seterusnya, hingga berakhir Jam 13.45 WIB. 02/10/2019.

Menurut Kadis DPMD melalui kabidnya Supardi menjelaskan Hari ini dijadwalkan selesai.
"Mekanisme penilaian pihak panitia telah mengatur dengan sistem penilaian rampung, untuk tes tulis 10 poin dan wawancara 20 poin. Dari hasil tersebut diatas pihak para penguji (dari UNMER Malang) akan memberikan nilai sesuai hasilnya , baik tes tulis atau wawancara langsung kepada panitia Pilkades," terangnya.

"Dari hasil penilaian tersebut, para penguji akan memberikan poin yang dihasilkan untuk dijumlah dan diakumulasikan dengan jumlah poin yang sebelumnya dan diumumkan oleh panitia Pilkades, siapa calon yang berhak dan lolos untuk menjadi kandidat calon kepala Desa. Memang kami sengaja melakukan tahapan seperti itu, dengan maksud untuk menghindari hal - hal yang tidak diinginkan", tandas Supardi.

Jadi apapun hasilnya itulah keputusan yang harus diterima , sehingga Panitia Pilkades bisa mengumumkan siapa saja yang berhak dan pantas untuk menjadi kepala desa, tentunya dengan  nilai poin yang tinggi untuk masuk lima (5) besar.

Sementara itu kepala Dinas DPMD Moh. Ramli menuturkan
Hasil tes tulis dan wawancara ke 253 peserta Bacakades yang dilaksanakan di islamic Centre Pihaknya mendatangkan langsung dari UNMER  Malang.
 "Hasilnya akan di umumkan hari ini juga dan penetapan Cakades akan ditetapkan besok Kamis 03 Oktober 2019,” kata Kadis Ramli.

Sementara, anggaran pelaksanaan tes para Bacakades bersumber dari dana cadangan APBDes (Anggaran Pendapatan Belanja Desa). Sedangkan daerah hanya menyediakan akomudasi dan konsumsi.

“Anggaran tersebut di ambilkan dari APBDes yang setiap peserta Bacakades masing masing sebesar Rp 500.000, sebab setiap desa menganggarkan di APBDes setiap tahunnya,” ungkap Ramli.
(red)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HUT SUARAKPK KE 9 (APRIL 2018)