Bupati Zahir Sambut Kunker Pemkab Minahasa Tenggara - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


KODE ETIK WARTAWAN SUARAKPK

07 Oktober 2019

Bupati Zahir Sambut Kunker Pemkab Minahasa Tenggara

Ketgam Bupati Batu Bara Ir Zahir M. AP (no 4 dari kiri) Bupati Minahasa Tenggara James Sumendap, S.H (no 5)Wakil Bupati Minahasa  Tenggara Jocke Legi (no 4 dqri kanan) saat diabadikan di auditorium PT pelindo 1 Kuala Tanjung Senin 07/10/2019.



Batu Bara,suarakpk.com - Bupati Batu Bara Ir Zahir M. AP bersama Forkopimda sambut Kunjungan Kerja (Kunker) Pemkab Minahasa Tenggara Provinsi Sulawesi Utara diauditorium kantor Pelabuhan Indonesia (Pelindo) Kuala Tanjung Kecamatan Sei Suka Kabupaten Batu Bara Sumatera Utara Senin 07/10/2019.

Hadir Bupati Minahasa Tenggara James Sumendap, S.H, Wakil Bupati Minahasa  Tenggara Jocke Legi, Ketua anggota DPRD Kabupaten Minahasa Tenggara, Sekretaris Daerah Kabupaten Minahasa Tenggara, Asisten Administrasi Umum, Sekretaris Dewan, Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik, serta para Kepala OPD Kabupaten Minahasa Tenggara,  General Manager PT. PELINDO I (Persero), Direktur Pelaksanan PT. Inalum (Persero) diwakilkan Humas Bambang Heru, Ketua DPRD Batu Bara Selamat Arifin, SE, Msi, Sekretaris Daerah Kabupaten Batu Bara H. Sakti Alam Siregar, S.H, para Staf Ahli Lingkungan Pemkab Batu Bara, para Asisten Lingkungan Pemkab Batu Bara serta awak media. 

Bupati Zahir dalam sambutan saat itu menyampaikan VISI MISI kepemimpinannya priode 2018-2023.

VISI :
“Menjadikan Masyarakat Kabupaten Batu Bara Masyarakat Industri Yang Sejahtera, Mandiri dan Berbudaya.”

MISI  :
1. Meningkatkan Pelayanan Aparatur Pemerintah Atas Pelayanan Publik dan Investasi
2. Meningkatkan Jumlah dan Kualitas Infrastuktur dan Sarana Prasarana Pendukung Pertumbuhan Industri dan Perekonomian Masyarakat
3. Mewujudkan Masyarakat yang produktif, inovatif, dan berbudaya
4. Mewujudkan Industri BERBASIS sumber daya unggulan Kabupaten Batu Bara 
5. Meningkatkan pemasaran hasil industri, Pertanian dan Perikanan secara meluas memanfaatkan Teknologi berkembang
6. Meningkatkan kolaborasi Industri, Lembaga Pendidikan dan Pemerintah Kabupaten Batu Bara
7. Meningkatkan kualitas Pendidikan, Kesehatan dan Spiritual Masyarakat
8. Meningkatkan peran serta seluruh elemen Masyarakat dalam Pembangunan Kabupaten Batu Bara. 

Selain itu Zahir juga memaparkan  Kabupaten Batu Bara memiliki luas wilayah 90.496 Ha dengan posisi wilayah strategis sebelah Utara berbatasan dengan selat Malaka, Selatan dengan Kabupaten Simalungun, Timur dengan Serdang Bedagai dan Barat dengan Kabupaten Asahan. 

Batu Bara terbagi dalam 12 Kecamatan, yang terdiri dari 10 Kelurahan dan 141 Desa dengan jumlah Penduduk 412.962 (Empat Ratus Dua Belas Ribu Sembilan Ratus Enam Puluh Dua) Jiwa.

Kabupaten Batu Bara memiliki potensi unggulan dibidang Pertanian, Perkebunan, Perikanan dan Industri.

Dibidang Pertanian, Kabupaten Batu Bara merupakan salah satu lumbung padi di wilayah Provinsi Sumatera Utara dan memiliki luas areal Oersawahan 16.592 Ha dengan produksi 111.656 ton, dan rata –rata produksi 6,73 ton per hektar, selain padi, Batu Bara merupakan pemasok cabai merah terbesar di Provinsi Sumatera Utara. 

Sentra Pertanian cabai di Kabupaten Batu Bara terletak di Desa Lubuk Cuik Kecamatan Lima Puluh Pesisir dengan luas areal ± 450 Ha dan terdapat ribuan petani yang terlibat dalam pertanian cabai, namun ketahanan cabai yang lemah dan cepat membusuk menjadi Satu kendala yang dihadapi petani di Kabupaten Batu Bara.

Untuk itu menurutnya diperlukan Inovasi atau teknologi yang bisa membantu merawat dan meningkatkan ketahanan cabai agar awet lebih lama dan pada kunjungan saat panen raya cabai di Kabupaten Batu Bara Bulan Juli lalu, Gubernur Sumatera Utara berjanji petani cabai dengan membangun pabrik cabai di Kabupaten Batu Bara.

Dibidang Perikanan lanjutnya, dengan panjang garis pantai ± 62 KM, Kabupaten Batu Bara merupakan salah satu sentra produksi ikan di Sumatera Utara, baik  ikan segar maupun olahan/kering. total produksi ikan Laut di Kabupaten Batu Bara mencapai 26.311.700 ton di tahun 2018, sebagian besar produksi tersebut diekspor ke luar negeri dan distribusikan ke daerah lain, selain ikan laut, Pemerintah Kabupaten Batu Bara juga mengembangkan Budidaya ikan darat dengan total produksi 1282 ton di tahun 2018.

Dibidang Industri, Kabupaten Batu Bara merupakan kawasan strategis Nasional berdasarkan Peraturan Presiden RI nomor 58 tahun 2017 tentang perubahan atas Peraturan Presiden RI nomor 3 tahun 2016 tentang Percepatan Pelaksanaan Proyek Strategis Nasional dan Peraturan Presiden RI nomor 81 tahun 2018 tentang Percepatan Pembangunan dan Pengoperasian dan Kawasan Industri Kuala Tanjung di Provinsi Sumatera Utara. 

Terkait Kawasan Industri Kuala Tanjung, saat ini Pemerintah Pusat melalui PT Pelindo I sedang melaksanakan pengadaan tanah untuk pembangunan Pelabuhan hubungan Internasional dan fasilitas penunjang Pelabuhan Kuala Tanjung Kabupaten Batu Bara.

Sementara Bupati Minahasa Tenggara menjelaskan jumlah penduduk berkisar 123 ribu jiwa mayoritas Keristen Protestan Batas Wilayah Kabupaten Minahasa Tenggara bagian Utara Kecamatan Amurang Timur dan Kecamatan Amurang Kabupaten Minahasa Selatan, Timur Kecamatan Langowan Kabupaten Minahasa dan Laut Maluku, Selatan Laut Maluku dan Kecamatan Kotabunan Kabupaten Bolaang Mongondow dan Barat berbatasan dengan Kecamatan Ranoyapo dan Kecamatan Kumelembuai Kabupaten Minahasa Selatan dengan Luas: 730,62 km².

Minahasa Tenggara sudah mempunyai kantor Bupati namun belum mempunyai kantor DPRD dan berencana akan membangun kantor Bupati baru karena kantor Bupati lama akan ditukar guling dengan kantor DPRD.

Pengalaman priode pertama dirinya didukung 2 imam dan 6 pendeta sementara ASN masa itu hanya 6-7 orang dan semenjak memimpin ada 2 HGU besar yang masa hak gunanya habis dan tidak diperpanjang dan tanahnya diserahkan kepada rakyat tujuannya supaya masyarakat Minahasa terus berkembang.

" karena itu pada periode ke-2 pencalonan saya jalan jalan aja tanpa bersusah payah" ungkapnya diiringi tepuk tangan.  

Pada kesempatan itu Bupati Minahasa Tenggara berharap Bupati Zahir dapat berkunjung kedaerahnya. 

Usai acara, Pemkab Minahasa Tenggara bersama ketua DPRD Batu Bara Selamat Arifin SE dibawa General Manager PT. PELINDO I (Persero) melihat pelabuhan, setelah itu para tamu Pemkab Batu Bara itu dibawa Humas Inalum Bambang Heru kepelabuhan Inalum juga ke peleburan aluminium dan menjamu makan siang bersama di RM 100 jalan lintas Sumatera Sei Suka. (muhammad amin) 



  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HUT SUARAKPK KE 9 (APRIL 2018)