Bupati Zahir Buka Pendidikan dan Pelatihan Guru Pendamping Muda Jenjang TK/PAUD - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


Penghargaan dari Kedubes Maroko


 

02 Oktober 2019

Bupati Zahir Buka Pendidikan dan Pelatihan Guru Pendamping Muda Jenjang TK/PAUD

Ketgam Kadisdik Batu Bara Ilyas Sitorus SE M. Pd (berdiri)   kabid PNFI  M Effendi (no 1 dari kanan) Kabid GTK Hermansyah (no 2 dari kanan)  Penanggungjawab Program Diklat ibu Sri Prihartini S. Pd no 1 dari kiri) dan Kasi PNFI.


Batu Bara,suarakpk.com - Kenyataan dilapangan masih banyaknya penyelenggara TK/PAUD yang belum dapat mengelola kegiatan pembelajaran sesuai dengan yang diharapkan, hal tersebut karena kurangnya pengetahuan pendidik/guru tentang pengelolaan pembelajaran yang tepat serta ditambah lagi terbatasnya kesempatan mengikuti pelatihan merupakan kendala di lapangan bagi pendidik TK/PAUD.

Demikian dikatakan Bupati Batu Bara Ir Zahir M. AP yang disampaikan Plt. Kadis Pendidikan Kabupaten Batu Bara Ilyas Sitorus SE. M. Pd pada saat membuka Pendidikan dan Pelatihan Guru Pendamping Muda berjenjang tingkat Guru TK/PAUD se Kabupaten Batu Bara tahun 2019 bertempat di Buffet Mangga Sei Suka Kabupaten Batu Bara Sumatera Utara Selasa 01/10/2019.

Lanjutnya untuk mengatasi masalah tersebut maka dibutuhkan pelatihan/diklat khusus bagi pendidik TK/PAUD agar bisa menjadi pendidik yang profesional dibidangnya, seperti yang kita lakukan saat ini. 

Dikesempatan itu Zahir berpesan agar para guru mengikuti DIKLAT ini dengan sungguh sungguh, karena ilmu yang didapatkan dari DIKLAT ini sangat berguna bagi TK/PAUD tempat para ibu pendidik mengabdi.

Tambahnya, Diklat bagi Pendidik TK/ PAUD ini yang diselenggarakan oleh TK IT Al Ihya Tanjung Gading bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Batu Bara yang didukung oleh Direktorat pembinaan Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud RI tahun 2019. 

"Sebagai penyelenggara tentu dibutuhkan persyaratan persyaratan khusus, oleh karenanya mari kita penuhi persyaratan dimaksud agar tahun depan semakin banyak TK/PAUD kita bisa sebagai penyelenggara yang dihunjuk dan dioercayakan oleh Kemendikbud RI." imbuhnya.

Akhir sambutan beliau menekankan agar para guru TK/PAUD lebih berorientasi pada pendidikan karakter, pembiasaan perbuatan baik dan teruslah tanamkan dan ajarkan pada anak anak kita seperti bersalaman, berdoa, saling menyapa dan lainnya sehingga anak perlu diberikan lima nilai utama penguatan pendidikan karakter, yaitu religius, nasionalis, mandiri, integritas dan gotong royong, Pungkasnya. 

Sementara Ketua panitia kegiatan diklat ini, Wina Anggriani, S. Pd mengatakan  melalui Diklat berjenjang tingkat dasar ini, kompetensi guru bisa lebih ditingkatkan lagi sehingga profesionalisme guru dalam mengasuh dan membimbing anak anak kelompok bermain dapat lebih ditingkatkan.

Dia juga mengatakan peserta diklat tersebut diikuti oleh 80 orang pendidik TK/PAUD se Kabupaten Batu Bara dilaksanakan selama 5 hari sejak tanggal 1 sd 5 Oktober 2019 yang dibagi dalam 2 (dua) kelas bertempat di Buffet Mangga Sei Suka Tg. Gading Kabupaten Batu Bara.

Sedangkan Penanggung jawab diklat, Sri Prihartini, S. Pd mengatakan pendidik TK/PAUD harus bisa memahami materi dasar yang meliputi konsep dasar TK/PAUD, seperti Perkembangan anak, cara belajar anak usia dini (AUD), kesehatan AUD, dapat membuat rencana pembelajaran, mampu melakukan penilaian perkembangan anak, memilii etika dan karakter pendidik AUD dan lainya.

"Apabila guru TK/PAUD-nya sudah berkompeten, tentu akan menciptakan sebuah pembelajaran yang baik dan melahirkan generasi emas yang berkarakter." katanya. 

Selain diklat berjenjang tingkat dasar ini menurut Sri akan diadakan Diklat lanjutan dan dan Diklat mahir.

" Semoga Batu Bara bisa mendapat kepercayaan kembali untuk melaksanakannya" tutupnya. 

Hadir Bupati Batu Bara diwakilkan Plt. Kadisdik Batu Bara, Ilyas Sitorus, Narasumber, Yusnani Tambunan dan Tim, Kabid GTK, Kabid PNFI Disdik Batu Bara, Seherman, M. Effendy, Ketua panitia dan penanggung jawab diklat ( Wani, Sri ) serta panitia dan undangan lainnya. (muhammad amin) 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HUT SUARAKPK Ke 9 (2018)