Bupati Mirna Annisa : KARNAVAL 2019 SEBAGAI GAMBARAN PELESTARIAN BUDAYA DI KENDAL - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


KODE ETIK WARTAWAN SUARAKPK

01 Oktober 2019

Bupati Mirna Annisa : KARNAVAL 2019 SEBAGAI GAMBARAN PELESTARIAN BUDAYA DI KENDAL


KENDAL, suarakpk.com - Pada karnaval Tahun 2019 ini kita mengubah konsep menyatukan banyak kelompok kesenian di Kabupaten Kendal dan Alhamdulillah bisa menjadi satu kelompok yang menampilkan suatu sajian kolosal dan terlihat sangat kompak serta lebih baik dalam melestarikan budaya.
Hal itulah yang disampaikan oleh Bupati Kendal dr.Mirna Annisa, M.Si. usai acara pawai karnaval dalam rangka memperingati Hari Jadi Kabupaten Kendal ke 414 dan HUT RI ke 74 di Wilayah Kecamatan Kaliwungu Kendal Jawa Tengah, beberapa waktu lalu Sabtu, (31/8-2019) yang berlangsung sukses dan sangat meriah sehingga membuat masyarakat Kaliwungu dan sekitarnya memadati sepanjang pinggiran jalan raya pantura Semarang- Kaliwungu hingga alun-alun Kaliwungu Kendal.
Lanjut Bupati Mirna, " tentang bunga tadi saya berikan kepada masyarakat adalah berlambang sebagai bentuk perhatian saya kepada masyarakat karena pemberian bunga sebagai wujud perhatian dari seseorang kepada diri kita. Saya mengucapkan terima kasih kepada para kontingen dari daerah-daerah Kabupaten/ Kota lain di Jawa Tengah yang telah ikut berpartisipasi dalam kegiatan karnaval Tahun 2019 di Kabupaten Kendal. Bagaimanapun jika penampilan itu menggambarkan hasanah yang baik memang perlu ditiru, dilestarikan, dan kita maksimalkan," tuturnya.
Menurut Bupati Kendal, karnaval tahun ini tidak hanya sebagai ajang promosi pariwisata saja, namun lebih mengedepankan pelestarian budaya, karena masyarakat Kabupaten Kendal sendiri sangat paham sekali dalam menjunjung tinggi local wisdom (kearipan lokal).
"Jadi inilah yang harus kita akomodir karena banyak sekali ragam kesenian dan kreativitas anak muda yang lahir dari Kabupaten Kendal," ungkapnya.
"Harapannya dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat melestarikan budaya sampai ketingkat anak-anak. Terutama kebudayaan asli Kabupaten Kendal agar bisa lebih dikenal oleh para generasi muda ," ungkap Bupati Mirna penuh harap.
Terkait dengan gaun yang dikenakan pada karnaval tahun 2019 ini, Bupati Mirna Annisa menjelaskan, " Gaun biru muda yang saya gunakan ini adalah kebaya dari Bayu Aji House of Kebaya and Gown hasil karya designer asal Kendal Ndaruwati Candra Lestari dan untuk make up oleh Santi ," terang Bupati Mirna.
Tidak banyak rangkaian acara seremonial pembukaan karnaval tetapi langsung pada pokok acara yaitu karnaval. Bupati Mirna Annisa dan jajaran Forkopimda langsung secara bersama-sama menekan tombol sirine sebagai tanda dimulainya perjalanan barisan prserta karnaval.
Penampilan Bupati Mirna yang naik kereta kuda bersama keluarga dan diikuti puluhan dokar hias dan para penari massal menarik perhatian masyarakat di sepanjang jalan sesekali Bupati Mirna melambaikan tangan dan melempar senyuman membalas setiap sapaan dari masyarakat. Bahkan berkali-kali menjulurkan tangannya untuk berjabat tangan para penonton. (002/HR.Kominfo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HUT SUARAKPK KE 9 (APRIL 2018)