Pemkab Batu Bara Siap bersinergi Bersama Tanoto Foundation - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


Penghargaan dari Kedubes Maroko


 

26 September 2019

Pemkab Batu Bara Siap bersinergi Bersama Tanoto Foundation


Ketgam Wabup Batu Bara Oky Iqbal Frima SE saat menyampaikan sambutan pada acara Pameran Unjuk Praktik Baik Program Pintar Tanoto Foundation di Aula SMK Swasta Budi Dharma Air Putih Kabupaten Batu Bara Kamis 26/09/2019




Batu Bara,suarakpk.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Batu Bara memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Tanoto Foundation (TF) sebagai mitra dalam pembangunan peningkatan sumber daya manusia khususnya pada dunia pendidikan. 

Demikian kata sambutan yang disampaikan Wabup Batu Bara Oky Iqbal Frima SE saat membuka Pameran Unjuk Praktik Baik Program Pintar Tanoto Foundation di Aula SMK Swasta Budi Dharma Air Putih Kabupaten Batu Bara Kamis 26/09/2019.

Yang paling fundamental lanjutnya adalah mengubah pola pikir dan sifat peserta didik dalam mengembangkan kemampuannya untuk melek teknologi dalam menghadapi revolusi industri 4.0.

Untuk itu sekolah diharapkan mampu menciptakan dan membangun pembelajaran yang aktif dan berbasis teknologi dalam proses pembelajaran. 

Selain itu sekolah mampu menciptakan kegiatan ekstrakurikuler yang mendukung peserta didik untuk dapat mengasah dan mengembangkan bakat sesuai dengan minat peserta didik.

Program pintar dari TF ini sangat relevan untuk menjawab tantangan di atas, karena program ini akan fokus pada peningkatan mutu guru, kepala sekolah dan pengawas sekolah baik pada jenjang SD maupun SMP, selanjutnya Tanoto Foundation sudah hadir dengan program pendidikan sejak tahun 2012 di kecamatan Talawi, dan berkembang menjadi program PINTAR di Kecamatan Air Putih dan Sei Suka dan sampai saat ini sudah terlaksana di 7 Kecamatan dari 12 Kecamatan yang ada di Kabupaten Batu Bara yang lebih fokus pada perbaikan manajemen sekolah, pembelajaran aktif dan pengembangan budaya baca.

Dalam kesempatan Oky mengucapkan rasa terimakasihnya kepada pihak TF yang telah mengembangkan program ini dengan serius dalam upaya peningkatan mutu pendidikan dasar, Showcase ini sudah mulai terlihat dampak baik dari program ini dan bisa dilihat oleh banyak sekolah lain untuk bisa ikut bergerak memperbaiki mutunya.

Sementara Plt. Kadisdik Batu Bara, Ilyas Sitorus SE M.Pd menyampaikan Dinas Pendidikan akan menindak lanjutinya bersama dengan DPRD Kabupaten Batu Bara mendukung program PINTAR TF dengan mendesiminasikannya ke Kecamatan yang belum tersentuh tujuannya agar dapat meningkatkan mutu Pendidikan di Kabupaten Batu Bara Tanah Bertuah.

Lanjutnya,  Talkshow bersama Narasumber Direktur Program Basic Education TF, Stuart Walthon, Anggota Komisi III DPRD Kabupaten Batu Bara, Amat Mukhtas, Plt. Kadisdik Kabupaten Batu Bara, Ilyas Sitorus, Guru Besar Unimed,  Prof. DR. Sri Minda Murni, M.S., serta Perwakilan Kepala Sekolah dan Guru Sekolah dipandu moderator, Jefri Damanik menjelaskan perubahan-perubahan cara mengajar dan cara mengelola sekolah yang telah mereka terapkan dan berhasil untuk menjadi inspirasi bagi orang lain, serta dukungan dari Pemerintah Kabupaten Batu Bara Baik Pihak Legislatif maupun Eksekutif akan menjadikan Program Tanoto Foundation ini sebagai salah satu pilihan dalam upaya peningkatan mutu di Batu Bara.

Tambahnya, guru sudah dilatih pembelajaran aktif bahkan sudah didampingi dalam kegiatan pendampingan, maka seharusnya cara guru mengajar sudah berubah ke arah yang lebih baik, cara siswa belajar juga sudah berubah ke arah yang lebih baik, cara kepala sekolah mengelola manajemen sekolah juga sudah berubah ke arah yang lebih baik.

Hadir Direktur Program Basic Education Tanoto Foundation, Stuart Walthon, Deputi Direktur Program Basic Education Tanoto Faoundation, Ari Widowati, anggota Komisi III DPRD Kabupaten Batu Bara, Amat Mukhtas, Irwan Juhri Lubis, Provinsi Koordinator Tanoto Faoundation, Kemenag Kabupaten Baru Bara Ahmad Sofian serta Kepala Sekolah SD/SMP juga Komite Sekolah se-Kabupaten Batu Bara. (Muhammad amin). 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HUT SUARAKPK Ke 9 (2018)