Ketua DPRD Sumenep Difinitif dan Tiga Wakilnya Dilantik - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


KODE ETIK WARTAWAN SUARAKPK

24 September 2019

Ketua DPRD Sumenep Difinitif dan Tiga Wakilnya Dilantik


SUMENEP, suarakpk.com - Terjawab sudah Ketua Dewan dan Tiga wakilnya yang selama ini di tunggu - tunggu akhirnya terjawab.Tidak menunggu waktu lama setelah turunnya SK Gubernur Jawa Timur digelarlah Sidang Paripurna dan Pelantikan Pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sumenep masa abdi 2019/2024 di Graha Paripurna DPRD, Senin (23/09/2019).

Sedangkan pimpinan yang dilantik hari ini terdiri dari Ketua DPRD Sumenep, Abdul Hamid Ali Munir (PKB) dan tiga Wakilnya yakni, Indra Wahyudi (Demokrat), H. Ahmad Salim (PPP) dan Faisal Mukhlis (PAN).

Keempat pimpinan DPRD Sumenep tersebut diambil sumpah oleh Kejari Sumenep dengan disaksikan Wakil Bupati Sumenep, Achmad Fauzi beserta segenap anggota DPRD Sumenep dan segenap OPD serta Forkopimda, Polres, Kodim 0827 Sumenep.

Dalam sambutannya Ketua DPRD Sumenep, Abdul Hamid Ali Munir menyampaikan banyak terima kasih kepada semua pihak atas kepercayaan yang diberikan kepadanya sebagai ketua DPRD Sumenep. Pihaknya berkomitmen untuk melaksanakan anamah mulia ini dengan sebaik-baiknya.

“Secara khusus saya menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada bapak Muhaimin Iskandar dan segenap jajaran Pengurus Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan saya bertekad untuk melaksanakan tugas baru ini dengan sepenuh hati,” katanya.

Menurutnya, Ketua DPRD bukanlah sekedar jabatan atau kedudukan semata, melainkan sebuah amanah dan tanggung jawab untuk mewujudkan cita-cita bersama untuk Sumenep yang lebih maju, lebih sejahtera dan bermartabat.

Untuk itu beliau menuturkan akan melaksanakan tugas berat ini dengan melibatkan semua elemen-elemen politik yang ada, dengan menjalin sebuah kerja sama yang harmonis tanpa memandang darimana asalnya.

“Kami optimis dimasa mendatang akan mewujudkan DPRD sebagai lembaga perwakilan yang lebih Representative, Harmonis dan Produktif,” jelasnya.

Untuk mewujudkan semua itu pihaknya menegaskan akan berupaya untuk memperkuat tiga fungsi dasar DPRD, yaitu fungsi Legislasi, Pengawasan dan fungsi Anggaran.

“Karena kami ini mitra sejati. Tentu kami juga harus siap dan sanggup mengingatkan serta tulus memberikan solusi bagi hal-hal yang perlu diperbaiki. Semua yang sudah berjalan baik harus dilanjutkan, namun hal-hal yang memang perlu di benahi harus dicarikan penyelesaian,” tutupnya.

Sementara Wakil Bupati Sumenep Achmad Fauzi menyampaikan selamat kepada keempat pimpinan DPRD Sumenep itu, pihaknya juga berpesan agar kedepan tidak ada lagi sebuah perbedaan dalam menjalankan semua tugas dalam lembaga Legislatif.

“Saya yakin merekalah kader-kader terbaik dari partai masing-masing, sehingga layak dan pantas mendapatkan amanah tersebut, jangan ada lagi perdebatan tentang pemilihan DPRD karena semua sudah menjadi perintah,” tandasnya.

Pihaknya mengajak segenap hadirin untuk memberikan dukungan penuh kepada keempat pimpinan yang dilantik hari ini ini, supaya menjalankan tugas-tugasnya dengan baik pula lebih baik dari ketua dan wakil ketua sebelumnya.

Pada dasarnya sistem pemerintahan Kabupaten Sumenep menganut teori trias politika, sebagaimana diperkenalkan intelektual praktis yang meliputi kekuasaan Eksekutif, Legislatif dan Yudikatif.

“Dalam trias politika kekuasaan pemerintah tidak tergantung kepada satu pihak saja tetapi ada pemisahan peran, saling menguatkan antara berbagai pihak, Legislative sebagai pembuat kebijakan, Eksekutif sebagai pelaksana kebijakan dan Yudikatif sebagai pengawas kebijakan,” tutupnya.

" Harapan kami semoga Anggota Dewan yang sudah dilantik akan menjalankan tugasnya dengan baik" Harapnya. ( AJ )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HUT SUARAKPK KE 9 (APRIL 2018)