FORUM DAYAK MAHAGA BETANG LAKUKAN SILAHTURAHMI KE BERBAGAI PARPOL - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


KODE ETIK WARTAWAN SUARAKPK

27 September 2019

FORUM DAYAK MAHAGA BETANG LAKUKAN SILAHTURAHMI KE BERBAGAI PARPOL

PALANGKA RAYA, suarakpk.com - Jajaran pengurus Forum Dayak Mahaga Betang menyampaikan himbauan "Huma Betang Kalimantan Tengah harus dipimpin secara kebersamaan dan keseimbangan."

Dalam hal tersebut kami sebagai pengurus Forum Dayak Mahaga Betang yang telah dipilih dan dipercayai oleh beberapa tokoh masyarakat Kalimantan Tengah yang di Ketuai oleh "Ir. Men Gumpul, Wakil Ketua : Idelson Tumon, S.H., Sekretaris : Ir. Anggi Aban Rahu, S.H., M.P., Wakil Sekretaris : Adi, Bendahara : Lodewik Christopel Iban, S.H., Wakil Bendahara : Rayati", Pada hari Kamis, 26 September 2019 telah melakukan himbauan secara resmi kepada : 

1. Seluruh Pimpinan Partai Politik.
2. Seluruh Bakal Calon Gubernur/Wakil Gubernur Kalimantan Tengah.
3. Seluruh Bakal Calon Bupati/Wakil Bupati Kabupaten Kotawaringin Timur.
4. Ketua dan Anggota KPU Provinsi Kalimantan Tengah dan Kabupaten Kotawaringin Timur.
5. Seluruh pihak terkait Pilkada di Kalimantan Tengah tahun 2020.

Berdasar kan:
1. 4 Pilar Kebangsaan yang menjadi patokan masyarakat Indonesia dalam berbangsa dan bernegara yaitu:
    1. Pilar Pancasila
    2. Pilar Undang - Undang Dasar (UUD) 1945
    3. Pilar Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)
    4. Pilar Bhineka Tunggal Ika

2. Gagasan perjuangan dan cita - cita para tokoh Dayak pendiri Provinsi Kalimantan Tengah Tahun 1957 Bahwa Dayak harus tetap bersatu padu bergandengan tangan dalam kebersamaan (Islam, Kristen dan Kaharingan)
3. Falsafah Huma Betang merupakan kearifan lokal yang menjunjung tinggi, warisan leluhur suku Dayak sebagai ahli waris tanah Dayak Kalimantan Tengah, Wajib tetap dipertahankan, dijaga dan dirawat eksistensinya, adapun nilai - nilai falsafah Huma Betang Kalimantan itu sendiri adalah "Kejujuran, Kebersamaan, Kesetaraan dan Taat Hukum", menghendaki agar Huma Betang Kalimantan Tengah dikelola dan dipimpin dalam kebersamaan.

Berdasarkan 3 pemikiran di atas maka kami perwakilan masyarakat Adat Dayak yang berhimpun dan dikoordinir oleh dan melalui forum Dayak Mahaga Betang (FDMB) dengan ini menyampaikan aspirasi melalui himbawan sebagai berikut:
1. Para bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur maupun Calon Bupati dan Wakil Bupati Kotim yang akan mengikuti Pilkada Tahun 2020 agar bisa memilih pasangan secara pelangi atau keseimbangan misalnya Bakal Calon Gubernur beragama Islam, Wakil Gubernurnya beragama Kristen atau Kaharingan dan sebaliknya.
2. Para pimpinan dan seluruh pengurus partai politik calon pengusung dan instansi atau lembaga lainnya sebagai penyelenggara pilkada agar sungguh - sungguh mempertimbangkan aspirasi perwakilan masyarakat Adat Dayak yang tergabung dalam "Forum Dayak Mahaga Betang" (FDMB) dan seluruh komponen lainnya.
3. Aspirasi ini kami sampaikan demi "Huma Betang" Kalimantan Tengah agar tidak miring, tidak retak dan ambruk serta tetap terjaga eksistensinya, sementara para penghuni "Huma Betang" tetap hidup dalam keharmonisan, kedamaian, kerukunanm toleransi, bersatu dalam bingkai NKRI.
4. Sejarah keseimbangan, kebersamaan dan kemesraan pimpinan "Huma Betang" yang menjadi contoh serta kerinduan kami agar tetap berlanjut adalah sebagai berikut :
    a. Gatit Ambrih (Islam) - Victor Vaing (Kristen)
    b. Soeparmanto (Islam) - H.J. Andris (Kristen)
    c. Asmawi A. Gani (Islam) - Nahason Taway (Kristen
    d. Teras Narang (Kristen) - Achmad Diran (Islam) 
Pasangan tersebut menjadi contoh yang baik antara keseimbangan dan kebersamaan sesuai dengan cita - cita para pendiri Provinsi Kalimantan Tengah dan nilai - nilai falsafah Huma Betang, seperti contoh yang berlangsung saat ini di Kabupaten Murung Raya, Kabupaten Barito Utara, Kabupaten Barito Timur, Kabupaten Barito Selatan, Kabupaten Kapuas, Kabupaten Pulang Pisau dan Kabupaten Katingan.

Jajaran pengurus sangat bersyukur dan berterima kasih dalam penyampaian himbauan ke semua instansi yang dituju, kami telah diterima dan di sambut dengan baik bahkan mendapatkan beberapa saran masukan untuk kemajuan yang menjadi tujuan kita bersama agar bisa lebih memantapkan diri lagi dalam mempertahankan falsafah Huma Betang. (ryt)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HUT SUARAKPK KE 9 (APRIL 2018)