Bimtek Pengembangan Desa 2019 Di Kabupaten Sumenep - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


Penghargaan dari Kedubes Maroko


 

30 September 2019

Bimtek Pengembangan Desa 2019 Di Kabupaten Sumenep


SUMENEP, suarakpk.com – Bimbingan Teknik bagi para pendamping Desa Profesional yang dilaksanakan beberapa waktu lalu, Rabu (24/9) sampai dengan Jumat (27/9). Sebanyak 334 Desa mengirim utusannya di hotel utami sumekar Sumenep. Bimtek yang ditujukan untuk memberikan pembekalan dalam memajukan dan mengembangkan Desanya serta pemahaman bagaimana melakukan sistem Akurasi pendataan profil Desa di Sumenep. Sedangkan bimtek diikuti oleh para pendamping Desa profesional dari pendamping Desa, Pendamping Desa lokal, hingga tenaga ahli Kabupaten.
Diketahui bahwa dari 334 Desa dan Kelurahan yang ada di Kabupaten Sumenep mempunyai potensi Desa yang berbeda.
Kepala Dinas DPMD Kabupaten Sumenep Moh. Ramli menuturkan bahwa dengan adanya Akurasi pendataan profil Desa di Sumenep akan dapat  mengetahui potensi apa saja yang ada di suatu Daerah.
“Sehingga bila ada program yang berhubungan dengan salah satu Daerah dengan mudah kita bisa mengarahkan serta dapat memberikan acuan bagaimana membangun Daerah tersebut lebih maju," tuturnya.
Dirinya menegaskan, pendataan Akurasi Desa Ibu kota kecamatan ditargetkan 15 hari kerja selesai, selambat lambatnya akhir bulan oktober selesai.
“Untuk penyelesaian pendataan profil Desa Kabupaten Sumenep akan ditargetkan akhir tahun ini akan rampung semuanya,” ujarnya.
Lebih lanjut, Ramli mengaku, bahwa dinasnya sudah banyak memberikan penjelesan tentang poin poin yang ada di Desa seperti letak geografis Desa, SDM, Potensi desa serta seberapa jauh partisipasi atau swadaya masyarakat dalam ikut serta membangun Desa.
“Semuanya sudah kami bahas dan ungkapkan dalam kegiatan ini, selanjutnya tergantung kinerja para pendamping Desa dilapangan. Saya berharap semoga para peserta Bimtek bisa memberikan manfaat untuk kemajuan bangun Desa,” pungkasnya. (AJ/red)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HUT SUARAKPK Ke 9 (2018)