Aceh Timur Laksanakan Kegiatan Pembekalan Imuem Mukim Dan Forum Grup Mukim (FGD) - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


KODE ETIK WARTAWAN SUARAKPK

26 September 2019

Aceh Timur Laksanakan Kegiatan Pembekalan Imuem Mukim Dan Forum Grup Mukim (FGD)


ACEH TIMUR-berlangsung pembukaan Acara Kegiatan Pembekalan Imeum Mukim dan Forum Grup Mukim (FGD) kabupaten Aceh Timur yang diikuti sebanyak 75 orang peserta yang terdiri dari para Imeum Mukim dan Tokoh Masyarakat dalam Kabupaten Aceh Timur,acara Dilaksanakan  hotel royal idi, Kamis (26/9/2019)

Menurut Kepala Bagian Pemerintahan pada Kantor Sekretariat Daerah Kabupaten Aceh Timur,Drs.Faisal,M.AP acara ini akan berlangsung selama dua hari sejak tangal 26 sampai 27 September 2019.Adapun tujuan serta sasaran dilaksanakannya acara ini adalah dalam rangka pencapaian tujuan penyelenggaraan Pemerintahan Mukim di Kabupaten Aceh Timur, sehingga peranan Imeum Mukim selaku kepala pemerintahan mukim dalam menjalankan tugas pokok dan kewajibannya lebih kuat peranannya dalam menjalankan fungsinya sebagai mukim.

Sementara itu,Sekretaris Daerah Kabupaten Aceh Timur,M.Ikhsan Ahyat, S.STP, M.AP dalam amanatanya ketika membuka acara tersebut mengatakan bahwa mukim memiliki peranan yang sangat penting dalam perjuangan revolusi kemerdekaan indonesia di aceh dan merupakan cerminan dari nilai-nilai  keistimewaan dan kekhususan di Aceh yang diakui dan dihormati secara konstitusi.

Mukim merupakan kesatuan masyarakat hukum dibawah kecamatan yang terdiri atas gabungan beberapa gampong yang mempunyai batas wilayah tertentun yang dipimpin oleh seorang imeum mukim dan berkedudukan serta bertanggungjawab langsung kepada camat.

Peran mukim dalam melaksanakan tugasnya mempunyai kewajiban antara lain menjaga kehidupan dan kerukunan antar umat beragama,meningkatkan kualitas pelaksanakaan syari’at islam dalamm kehidupan masyarakat, menjaga, melestarikan,memelihara dan menghidupkan adat istiadat yang berkembang dalam masyarakat sepanjang tidak bertentangan dengan syari’at islam. Selain itu juga turut menjaga ketentraman dan kehidupan dalam masyarakat.Dalam melaksanakan kewajiban tersebut imeum mukim wajib bersikap dan bertindak adil, demokratis,terbuka, tegas,arif dan bijaksana. Oleh sebab itu dalam kesempatan kali ini kita akan menghidupkan serta mefungsikan kembali peran para imeum mukim dalam segi pemerintahan dan masyarakat serta melibatkan para Imeum mukim dalam setiap kegiatan pemerintahan di tingkat kecamatan”Pungkasnya.

Hadir dalam acara tersebut antara lain ketua MAA Kabupaten Aceh Timur, para Camat, Geuchik,Tokoh masyarakat,Kepala Dinas dan unsur terkait lainnya.Adapun yang menjadi Narasumber dalam acara kegiatan pembekalan Imeum mukim dan forum grup mukim (FGD) kabupaten Aceh Timur yaitu Prof.DR.Badaruddin, M.Si,Prof.DR.R.Hamdani harap,M.Si dan DR. Humaizi,M.A dari program Doktoral Universitas sumatra utara,Medan.(Dedi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HUT SUARAKPK KE 9 (APRIL 2018)