Proyek Pengerukan Dinilai Mubazir, Muara Pantai Boom masih Terjadi Pendangkalan - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


Penghargaan dari Kedubes Maroko


 

02 Agustus 2019

Proyek Pengerukan Dinilai Mubazir, Muara Pantai Boom masih Terjadi Pendangkalan



BANYUWANGI, SUARAKPK.COM - Meski proyek pengerukan untuk pendalaman sepanjang muara perairan pantai boom sudah dilakukan, namun kondisi yang ada saat ini sepanjang muara pantai boom tersebut terjadi pendangkalan kembali.

Pantauan wartawan suarakpk saat berada dilapangan, mega proyek masih terus dikebut dan hingga berita ini diturunkan masih dalam proses pengerjaan. Sepanjang muara pantai pelabuhan boom, mandar yang terletak disebelah barat nampak terlihat kedalamaan air laut hanya sebatas kurang lebih 1 meter. Padahal menurut informasi yang diterima proyek pendalaman itu dilakukan lebih dari 3 meter.

“ Pekerjaan proyek pendalaman pengerukan pasir yang mengendap disepanjang muara pelabuhan pantai boom sudah dilakukan beberapa bulan lalu hingga saat ini belum selesai dilakukan. Akan tetapi, baru dikeruk sekarang ini sudah terjadi pendangkalan kembali. Akibatnya, bila terjadi pendangkalan nantinya akan berdampak pada perahu nelayan yang melewatinya dimungkinkan tidak bisa melewatinya sehingga harus menunggu air pasang,”Jelas Andik salahsatu nelayan mandar.

Begitupula disampaikan oleh sejumlah warga nelayan yang berada disekitar pelabuhan mandar mengatakan, proyek pengerukan yang saat ini masih terus dikerjakan oleh kontraktor sudah jelas – jelas membutuhkan biaya besar hingga ratusan juta rupiah. Jika, pengerukannya dilakukan kurang dari 2 meter maka dimungkinkan perairan muara disepanjang pantai boom akan cepat dangkal kembali.

“ bisa dilihat langsung saat escavator yang mengeruk pasir saat melakukan pekerjaannya, yag dikeruk tidak lebih dari 2 meter saja. Endapan pasir laut yang bercampur sampah ditumpuk disepanjang pinggir daratan perairan muara pantai boom,”Ungkapnya prihatin.(Tyo)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HUT SUARAKPK Ke 9 (2018)