Maraknya Demo Tambang di Sultra, Kinerja Kadis ESDM Sultra Dipertanyakan - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


Penghargaan dari Kedubes Maroko


 

10 Agustus 2019

Maraknya Demo Tambang di Sultra, Kinerja Kadis ESDM Sultra Dipertanyakan

Ketgam: Ketua DPW Aliansi Nusantara Sultra, La Ode Abdul Harits Nugraha.

KENDARI, suarakpk.com- Permasalahan tentang pertambangan di Sulawesi Tenggara (Sultra) hingga kini belum juga menemukan titik terang. Hal itu dibuktikan dengan maraknya aksi demonstrasi mengenai masalah pertambangan yang masih sering  dilakukan oleh masyarakat dan mahasiswa di kantor Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Sultra dan di kantor KPK RI.

Kejadian tersebut banyak menuai sorotan dari berbagai pihak. Salah satunya yaitu DPW Aliansi Nusantara (Alsantara) Sultra.

Ketua DPW Alsantara Sultra, La Ode Abdul Harits Nugraha menilai Kepala Dinas ESDM Sultra tidak mampu melaksanakan tugasnya dengan baik, padahal Sultra sekarang sudah memasuki babak baru dan mulai berbenah diri sejak dilantiknya Gubernur Sultra, H. Ali Mazi dan H. Lukman Abunawas.

Dimas, sapaan akrab La Ode Abdul Harits Nugraha juga menuturkan kurang lebih sudah 6 kali aksi demontrasi yang dilakukan oleh masyarakat dan mahasiswa di KPK RI maupun di kantor ESDM Sultra terkait dengan persoalan kasus pertambangan tersebut.

"Bayangkan saja kalau tiap bulan orang Sultra demo di Jakarta dengan masalah yang sama, apa kata dan penilian masyarakat di Ibu kota? Bukankah hal ini dapat mencoreng nama baik daerah?", tuturnya.

Dengan adanya kondisi seperti ini tentu menjadi pertanyaan besar bagi masyarakat, ada apa dengan pertambangan di Sultra? dan apa kinerja kadis ESDM Sultra yang hingga saat ini tidak mampu menyelesaikan masalah yang juga menjadi tuntutan masyrakat?

Dimas meminta kepada DPRD Sultra untuk segara mengambil langkah-langkah sebagai lembaga penyambung aspirasi rakyat untuk menyelesaikan permasalahan tambang di Sultra, selain itu mahasiswa pasca sarjana Universitas Nasional (UNAS) Jakarta itu juga meminta kepada Gubernur Sultra sebagai pemegang otoritas dan yang memiliki hak untuk segera mengambil sikap tegas untuk melakukan Evaluasi terhadap kinerja dari ESDM Sultra agar keresahan dan tuntutan masyarakat terkait dengan pertambangan bisa cepat diselesaikan.

"Sejauh ini kami masih terus memantau aktivitas penyelenggraan pemerintahan yang ada di Sultra. Untuk persoalan pertambangan kami sudah melakukan koordinasi kepada DPP Aliansi Nusantara untuk memberikan rekomendasi terhadap hasil analisis dan kajian kami terkait dengan pertambangan di Sultra yang akan kami masukan ke Kementrian ESDM melalui Dirjen Minerba", pungkasnya. (Randy Yaddi).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HUT SUARAKPK Ke 9 (2018)