Kapolres Cianjur : Mahasiswa Penyiram Bensin Itu Kurangajar - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


KODE ETIK WARTAWAN SUARAKPK

15 Agustus 2019

Kapolres Cianjur : Mahasiswa Penyiram Bensin Itu Kurangajar


CIANJUR, suarakpk.com - Unjuk rasa menuntut kinerja pemerintah daerah dan perwakilan rakyat harus bertanggung jawab atas ketimpangan yang dirasakan rakyat cianjur siang tadi Kamis (15/8/2019) berakhir rusuh. Aksi demo tersebut dilakukan mahasiswa Cianjur yang tergabung dalam aktivis Cipayung Cianjur. Mereka sebelumnya melakukan aksi di Gedung DPRD Cianjur. Para peserta aksi kemudian berjalan menuju Pendopo untuk bertemu Plt Bupati Herman Suherman. Akan tetapi, kebetulan Bupati tidak sedang berada di tempat. Akhirnya massa aksi itu menggelar orasi di depan gerbang pendopo.
Kerusuhan dalam demo ini berawal saat mahasiswa terlibat bentrok dengan aparat di Pendopo Bupati Cianjur. Para mahasiswa ini berupaya untuk blokade jalan dengan cara membakar ban bekas.

Mulanya anggota polisi yang hendak mematikan ban yang dibakar mahasiswa dan dengan cepat anggota polisi mencoba mengambil ban bekas tersebut. Namun upaya polisi ini dihalangi-halangi mahasiswa. Nahas, begitu polisi dekat dengan posisi ban yang terbakar ditengarai ada yang melemparkan bensin. Api pun berkorban begitu besar dan menyambar tiga anggota Sabhara Polres Cianjur.

Ketiga anggota polisi tersebut, Bripda Aris Simbolon, Aiptu Erwin Yuda dan Bripda Yudi tampak meronta dengan kobaran api melalap sekujur tubuh hingga terbaring tak bergerak. Petugas langsung mengevakuasinya ke Rumah Sakit Umum Cianjur untuk mendapat tindakan medis.

Kordinator Aksi Abdul Basit mengatakan, pengunjuk rasa ini merupakan gabungan mahasiswa gabungan se-Cianjur. Mereka menyalurkan aspirasi dan mendesak Pemkab Cianjur untuk menjawab tujuh tuntutan rakyat. 
“Kami ingin menyampaikan tujuh isu rakyat yang berkaitan dengan kebutuhan masyarakat. Pertama isu birokrasi reformasi, kemudian pendidikan, hak-hak guru di Cianjur. Kami mahasiswa di Cianjur malu dengan pemkab yang tidak prorakyat,” ujarnya.

Terpisah, Kapolres Cianjur AKBP Soliyah mengaku sangat geram dan kecewa dengan aksi mahasiswa hingga mengakibatkan beberapa anak buahnya terbakar.
“Mahasiswa itu kurangajar itu, kebakar, jadi lagi disiram air, malah disiram bensi sama mereka, itu kurangajar kan, Ini sudah sangat keterlaluan. Tidak bisa diterima” ujarnya.
Karena itu, Soliyah memastikan akan memberikan tindakan tegas atas peristiwa tersebut dan mengusut tuntas para pelakunya.
“Saya pastikan, harus itu. Mereka sudah difasilitasi menggelar aksi, tapi malah bikin seperti ini, ” ucapnya.

Di sisi lain, diperoleh informasi, penanganan diambil alih langsung oleh Polda Jawa Barat dengan menurunkan timnya untuk menyelidiki kasus tersebut.
“Sudah ada tim yang berangkat ke sana. Kita belum dapat memberikan informasi lebih,” ujar Dirkrimum Polda Jabar Kombes Pol Ikhsantyo, Kamis (15/8/2019).
Dari informasi yang didapat salah satu mahasiswa sudah diketahui merupakan pelaku penyiraman bensin sehingga menyebabkan petugas polisi terbakar. Namun polisi masih melakukan penyelidikan lebih dalam. (Tim Jabar/red)

Lihat Videonya :

1 komentar:

HUT SUARAKPK KE 9 (APRIL 2018)