Bupati Rocky membajak sawah di darul ihsan - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


Penghargaan dari Kedubes Maroko


 

22 Agustus 2019

Bupati Rocky membajak sawah di darul ihsan


Aceh Timur-Dengan mengunakan alat traktor, Bupati Aceh Timur,H,hasballah,Bin H,M,Thaib bersama asisten 2 Usman A rachman,serta petani setempat dan awak media dan melihat langsung orang nomor satu di Aceh Timur membajak sawah masyarakat yang berada di Desa seunuebok tengoeh Kecamatan darul Ihsan panjangnya kurang lebih 3200 meter meter.kamis (22/8/2019).

Usai melakukan bajak sawah  langsung awak media mengkonfirmasi kegiatan yang dilakukan oleh bupati.

saya bangga jadi petani. Karena kalau di luar negeri saja orang yang hebat itu bekerja selaku petani.Untuk itu jangan merasa malu dalam menjadi petani dan jangan berharap setiap tamat kuliah itu untuk jadi PNS,’’ ujarnya dalam acara pencanangan pengelolaan tanah dengan mekanisasi pertanian dengan membuat pupuk organik dari rumput sawah.


Lanjutnya jika pupuk organik yang kita olah  ini berhasil maka akan kita sampaikan kepada bapak gubernur Aceh yang akan hadir ke Aceh Timur pada acara jambore pada tahun 2020 nanti.

Dan sebagai contoh untuk saat ini kita mencoba di kecamatan Darul Ihsan dulu,bila berhasil akan kita sebar luaskan ke seluruh kecamatan yang ada di Aceh Timur,ujar Rocky yang akrab disapa.

Lanjutnya pupuk organik yang akan kita buat ini insyaallah tidak memerlukan biaya yang mahal, tanpa perlu membeli pupuk hama,namun yang lebih jelas lagi mengenai cara pengolahan pupuk bisa langsung di tanyakan sama Zulfan salah seorang kepercayaan yang saya berikan untuk mengolah pupuk tersebut.


Zulfan atau akrab disapa pak tani ini mengatakan pola penanaman padi organik yang pernah dilakukan orang tua kita dulu sedikit akan kita robah mengikuti era modern.supaya para petani tidak lagi memberi pupuk dan teknisi zat kimia yang berlebihan yang sangat berbahaya bagi kesehatan.

Kita mengolah pupuk melalui rumput sawah yang mana para petani banyak yang tidak tau.dan sebaliknya rumput tersebut sebagai zat pengatur yang bisa mengembalikan bakteri dalam tanah.

Lanjutnya keunggulan pupuk organik yang kita olah pertama sehat untuk kesehatan dan tidak menghancurkan lingkungan tanah untuk bercocok tanam,serta biaya murah dan untuk kedepannya bila berhasil,para petani bisa mengolah nya sendiri dan kita akan ajarakan dari awal proses hingga akhir.ujar Pak tani.(Dedi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HUT SUARAKPK Ke 9 (2018)