Meningkatkan Soliditas dan Kekompakan Persatuan Wartawan Batu Bara Akan Dibentuk - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


Iklan BUMN



Penghargaan dari Kedubes Maroko


 

31 Juli 2019

Meningkatkan Soliditas dan Kekompakan Persatuan Wartawan Batu Bara Akan Dibentuk

Ketgam Sultan Aminuddin yang akrab dipaggil Ucok Kodam

Batu Bara,suarakpk.com | Dalam upaya menjawab tantangan era digitalisasi yang berbasis elektromedia, sejumlah penggiat jurnalistik lokal di kabupaten Batu Bara mewacanakan pembentukan sebuah wadah organisasi bagi wartawan lokal.

Menurut Sultan Aminuddin alias Ucok Kodam, salah seorang penggagas yang merupakan reporter media online  nasional bahwa tujuan utama pembentukan organisasi jurnalis ini adalah dalam rangka mempererat silaturahmi antar sesama wartawan.

Lebih lanjut dijelaskan Ucok, keberadaan organisasi lokal juga dimaksudkan guna peningkatan soliditas serta menjaga kekompakakan antar sesama penggiat jurnalistik di Batu Bara, Rabu (31/7/2019).

"Saya harap wadah atau organisasi lokal Batu Bara yang akan terbentuk nantinya bisa menjadi fasilitator dalam upaya meninggkatkan profesionalisme para wartawan khususnya di kabupaten Batu Bara ini", bilangnya.

"Selama ini harus kita akui bahwa sebagian wartawan masih bersikap individulistik, mudah dipecah belah. Padahal itu sangat merugikan wartawan itu sendiri, contohnya bila ada pemberitaan yang bersifat kritik. Bisa saja nantinya dituding 'Hoax' atau melanggara UU ITE. Tapi kalau ada lebih dari 5 media yang menyoroti suatu penyimpangan, maka tudingan itu bisa berbalik dan mentah", pungkas Ucok.

Kemudian Ucok Kodam pun sangat berharap agar wartawan di kabupaten Batu Bara kedepan bisa senantiasa guyub  (Kompak) dan tidak bersikap Egosentris. Oleh sebab itu ia menghimbau agar pada Kamis (1/8/2019) pukul 14.00 wib di Cafe Khusi Dhakar, dapat dihadiri oleh segenap jurnalis yang sengaja telah diundang.

"Organisasi ini nantinya bisa pula menjadi inisiator untuk MoU (kesepakatan) dengan stackholder, agar wartawan diberi keleluasaan dalam hal fungsi pengawasan (kontrol sosial). Artinya bahwa organisasi ini siap menjadi mata telinga bagi pemerintah daerah maupun institusi lain sebagai mitra organisasi", katanya.(muhammad amin) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HUT SUARAKPK Ke 9 (2018)