Eksekusi Atas Putusan MA Terhadap Syafrizal, SE, MSi - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


KODE ETIK WARTAWAN SUARAKPK

15 Juli 2019

Eksekusi Atas Putusan MA Terhadap Syafrizal, SE, MSi

IDI rayeuk- Berdasarkan surat perintah Kepala Kejaksaan Negeri Aceh Timur, Tim yang dipimpin oleh Kepala Seksi Tidak Pidana Khusus Hafrizal, SH.MH yang dikawal oleh Kepolisian Daerah Aceh telah melakukan Eksekusi terhadap Terpidana an. Syahrizal, SE, M.Si Bin Abu Bakar (KPA pada BPN Kab. Aceh Timur) terkait Tindak Pidana Korupsi Pekerjaan Pembangunan Kantor Pertanahan Kabupaten Aceh Timur yang bersumber dari dana APBN T.A. 2014, Senin (15/7/2019).

Bahwa berdasarkan Putusan Mahkamah Agung yang telah berkekuatan hukum tetap No. 394 K/Pid.sus/2019 tgl 15 April 2019, yang dalam amar putusannya menyatakan antara lain bahwa sdr.  Syahrizal,  S. E.,  M. Si Bin Abu Bakar terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana melanggar pasal 2 ayat (1) jo. Pasal 18 UU RI No. 31 Tahun 1999 sebagaimana telah diubah dengan UU RI No. 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi jo. Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP, dan menjatuhkan pidana kepada Syahrizal,  S. E.,  M. Si Bin Abu Bakar dengan hukuman pidana penjara selama 4 th dan denda sebesar Rp.  200.000.000 subs 6 bulan penjara.

Sebelumnya Pengadilan Negeri Tipikor dan Pengadilan Tinggi Tipikor Banda Aceh menjatuhkan pidana terhadap terdakwa  Syahrizal,  S. E.,  M. Si Bin Abu Bakar,  terdakwa Nazarudin, terdakwa Thirasani, S.P., terdakwa Mustafa Lisa dengan penjara selama 1 tahun denda 50 juta subs. 1 bulan kurungan melanggar pasal 3  jo. Pasal 18 UU RI No. 31 Tahun 1999 sebagaimana telah diubah dengan UU RI No. 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi jo. Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP.
Bahwa terhadap putusan tersebut maka Penuntut Umum pada Kejari Aceh Timur melakukan upaya hukum banding dan kasasi.

Namun pada saat Tim Eksekusi dari Kejari Aceh Timur hendak melakukan eksekusi pada hari ini di Rumahnya, terpidana tersebut  meminta waktu sebentar untuk bertemu kluarga,  selanjutnya di dampingi oleh istrinya untuk diserahkan oleh Tim ke Rutan kelas IIb Banda Aceh untuk menjalani hukuman penjara.

Bahwa Putusan Kasasi dari Mahkamah Agung untuk terdakwa Nazarudin, Thirasani. Namun untuk terdakwa Mustafa Lisa atas kasus yang sama sampai saat ini belum diterima oleh Kejari Aceh Timur. 

Eksekusi terpidana Syahrizal,  S. E.,  M. Si Bin Abu Bakar berjalan dengan aman, lancar dan tertib. [Dedi]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HUT SUARAKPK KE 9 (APRIL 2018)