Deklarasi Damai Dalam Pilkades Serentak 2019 Di Kabupaten Blora - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


Penghargaan dari Kedubes Maroko


 

31 Juli 2019

Deklarasi Damai Dalam Pilkades Serentak 2019 Di Kabupaten Blora


BLORA, suarakpk.com – Deklarasi Damai dalam Pemilihan Kepala Desa serentak tahun 2019 di Kabupaten Blora kemarin Senin (29/7) dihadiri oleh Forkompinda Kabupaten Blora. Deklarasi yang dilaksanakan di Pendopo Kecamatan Randublatung Kabupaten Blora tersebut Nampak hadir Kapolres Blora, AKBP Antonius Anang S.I.K.Mh, Dandim 0721/Blora Letkol Ahli Mahmudi,SE,  serta Bupati Blora yang di wakili Assisten I, Drs.Purwadi dan perwakilan kejaksaan. Selain itu juga terlihat para Forkompincam sekawedanan Randublatung dan seluruh calon kades, perwakilan BPD dan panitia Pilkades. (Baca Juga : Kapolda Jawa Tengah : Polisi Bukan Untuk Ditakuti)
Pantauan di lapangan, Deklarasi Damai tersebut juga dituangkan pada penandatanganan deklarasi diantaranya oleh Kapolres, Kejaksaan, Dandim 0721/Blora, Wakili Asisten I Bupati Blora, Kejaksaan dan salah satu wakil calon Kepala Desa yang diwakili oleh calon Kades dari jeruk Randublatung, Indah Suprapto yang sekaligus sebagai pembaca deklarasi yang diikuti oleh semua peserta calon kepala desa yang hadir yang akan melaksanakan Pilkades serentak besok pada tanggal 4 agustus 2019. (Baca Juga : Kajati Jawa Tengah : Aparat Penegak Hukum Bekerja Cepat, Responsif Dan Profesional)
Para calon yang akan berkompetisi menyatakan kesanggupannya untuk berlaku jujur,dan menjunjung perdamaian serta menjaga solidaritas keamanan, ketentraman dan tidak bermusuhan antar pendukung calon, disamping itu, para calon kades juga menyatakan siap kalah dan menang dalam pilkades nanti.
Dalam sabutannya, Kapolres Blora, AKBP.Antonius Anang S.I.K.MH, mengajak seluruh stekholder yang ada, melaksanakan pilkades saling selalu berkordinasi dan kerjasama dengan pihak keamanan supaya Pilkades serentak tanggal 4 agustus 2019 di eks kawedanan Randublatung yang meliputi kradenanJati, Randublatung  bisa berjalan dengan aman dan sukses. “Polres blora tidak bisa bergerak sendiri, maka kami mohon partisipasi aktif dari seluruh elemen masyarakat utuk menjaga situasi dan kondisi selama rangkaian pilkades serentak 2019 di Kawedanan eks Randublatung,” pinta Kapolres.
Menurut Kapolres, dengan dilaksanakan deklarasi damai ini dari para calon kepala desa di harapkan kegiatan pilkades serentak di Kabupaten Blora berjalan dengan aman dan sukses. “Komiten bersama ini yang telah dibacakan bersama-sama, benar-benar diterapkan dalam pelaksanaan di desa masing-masing,” harapnya. (Baca Juga : Diduga Tak Konsisten Bos PT. Tri Cahaya Purnama, Digugat di PN Kendal)
Lebih lanjut, Kapolres menegaskan bahwa untuk pengamanan pilkades serentak di blora akan di dukung oleh brimob dan anggota polres sekitar Blora dan pihak TNI.
Sementara, Dandim 0721/Blora, Letkol.Al.i Mahmudi,SE dalam sambutanya menyampaikan pesan kepada calon kades dan panitia juga BPD untuk saling menghormati satu sama lain.
“Untuk menjaga stabiltias keamanan di wilayah desa masing-masing, dalam hal ini TNI siap mendukung penuh untuk berjalannya Pilkades di Kab Blora, bersama keamanan lainnya,” kata Dandim 0721/Blora.
Sedangkan Bupati Blora yang di Wakili Asisten I Drs.Purwadi, mengaku bahwa Bupati menaruh harapan untuk semua Calon Kepala Desa untuk mematuhi aturan yang telah disepakati dalam pilkades damai. (Baca Juga : Diduga Tersandung Korupsi, Bupati Kudus Diamankan KPK)
“Calon kepala desa yang berkompetisi nanti pada tanggal 4 agustus 2019 diharapkan saling menjaga lingkungan masing-masing dan mentaati semua aturan yang ada, yang sudah di sepakati oleh calon Kepala Desa itu sendiri dengan panitia pilkades,” ujar Purwadi.
Lebih lanjut, Purwadi yang membacakan pidato Bupati mengjelaskan, bahwa dalam berkompetisi pilkades diharapkan yang menang tidak umuk, yang kalah tidak ngamuk, serta calon kades bisa mengendalikan pendukung dan tim suksesnya supaya tidak terjadi keributan.
“Di Kabupaten Blora dalam pilkades serentak nanti akan diikuti sebanyak 240 desa seKabupaten Blora,” jelasnya.
Ditambahkan Purwadi, dengan dilaksanakan pilkades serentak yang akan dilaksanakan besok pada taggal 4 agustus 2019 jangan sampai menjadi sarana perpecahan di masyarakat, dikatannya, bahwa semua calon maupun pendukungnya harus memberikan contoh kedewasaan dalam berpolitik supaya tidak terjadi polemik saat proses pemilihan dan tidak terjadi gejola atau konflik di wilayah-wilayah.
“Baik calon dan pendukungnya harus menjadi teladan bagi masyarkat yang memilih. Jangan sampai pilkada nanti yang akan di laksanakan tanggal 4 gustus 2019 memutus tali silaturahim antar warga,” ucapnya. (Baca Juga : PT. JNI Terkesan Menunda, Petani Tambak Minta Segera Ganti Rugi)
Terpisah, usai kegiatan Deklarasi, salah satu anggota BPD, Desa Randulawang Kecamatan Jati, Hartono, menuturkan bahwa dalam pembentukan kepanitiaan pilkades sudah berusaha dan bekerja keras membentuk panitia Pilkades di desanya dengan pertimbangan yang matang dan hati-hati sehingga akan terbentuk, Panitia Pilkades desanya Independen dan netral.
“BPD berperan pada Pilkades terutama se kawedanan Randublatung bisa menjaga kondisi keamanan yang stabilitas wilayah dan berkordinasi dengan piihak keamanan yang ada dalam hal ini sesuai dengan pesan Kalpolres Blora AKPB, bila terjadi ganguan di masyarakat saat pilkades berlangsung harus bisa diantisipasi dengan pikhak keamanan,” pungkasnya. (Dwi K & Bayu 97/Red)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HUT SUARAKPK Ke 9 (2018)