BID Kecamatan Peureulak Perdana di Aceh Timur, BID kedua Terdiri dari 289 Kecamatan - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


KODE ETIK WARTAWAN SUARAKPK

25 Juli 2019

BID Kecamatan Peureulak Perdana di Aceh Timur, BID kedua Terdiri dari 289 Kecamatan

ACEH TIMUR - Bursa Inovasi Desa (BID) di Kecamatan Peureulak adalah BID perdana di Aceh Timur dan BID kedua terdiri dari 289 Kecamatan yang ada di Provinsi Aceh. 

Demikian hal tersebut disampaikan 
Yusmiadi SE. M.Si selaku Koordinator Tenaga Ahli P3MD - PID Aceh Timur yang akrab disapa Abu Yus disela sela pembukaan acara Bursa Inovasi Desa, kamis (25/7/2019).

Menurut Abu Yus, Bursa Inovasi Desa tahun ini berbeda dengan  tahun sebelumnya yaitu tahun 2017 dan 2018, dimana perbedaannya adalah, kalau 2017 dan 2018 di laksanakan di tingkat kabupaten, namun tahun 2019 di laksanakan di tingkat kecamatan, secara Mandiri ataupun secara cluster (gabungan beberapa kecamatan).

"Bursa Inovasi Desa yang dilakukan tahun ini pelaksanaannya di tingkat kecamatan di karenakan dari hasil evaluasi yang dilakukan oleh pemerintah pusat terhadap Dana Desa masih sangat monoton, sehingga pemerintah perlu mendorong agar pemanfaatan Dana Desa harus lebih bermanfaat untuk mewujudkan kemandirian desa itu sendiri dan juga untuk mensejahterakan agar masyarakat desa bisa merasakan kemakmuran," kata Tenaga Ahli P3MD-PID Aceh Timur tersebut.

Yusmiadi juga menjelaskan adapun tujuan dari pelaksanaan BID sebagai ajang sosialisasi berbagai dokumen pembelajaran yang telah berhasil di tempat lain untuk dapat dipilih oleh perwakilan desa yang hadir, tentu melihat juga potensi dan kearifan lokal desa kita di Aceh terutama di Aceh Timur. 

Lanjutnya, Pilihan tersebut dituangkan kedalam Kartu Komitmen Desa yang akan dibahas nanti pada saat Musrenbangdes untuk di reflikasikan sehingga pilihan desa tadi tercantum kedalam RKPDes dan akhirnya teranggarkan didalam APBDes Tahun 2020.

Kata Abu Yus yang juga  aktif di berbagai organisasi Sosial tersebut, Didalam kegiatan Bursa Inovasi ini ada beberapa ruang seperti Ruang Bursa A yang mana di dalam ruang ini ditampilkan Kegiatan kegiatan yang inovatif dibidang Pengembangan Ekonomi Lokal, sedangkan di Ruang Bursa B ditampilkan Kegiatan kegiatan yg inovatif dibidang Sumber Daya Manusia dan yg terakhir di Ruang Bursa C ditampilkan Kegiatan kegiatan yang inovatif dibidang Insfrastruktur Berkualitas.

Terakhir di Jendela 3 peserta menukarkan Kartu Komitmen tadi yg sudah ada pilihan sesuai kegiatan di Bursa A, B dan C dengan Sertifikat yang menandakan peserta perwakilan sudah ambil andil dalam menyukseskan BID tersebut.

Aceh Timur masih banyak kegiatan yang sama seperti hari ini dan sesuai jadwal yang sudah kami petakan ada 12 titik pelaksanaan BID dengan 2 pola yaitu 4 kecamatan dengan Pola BID Mandiri seperti yang kita laksanakan hari ini di Kecamatan Peureulak dan 20 Kecamatan dengan Pola BID Cluster (8 cluster), demikian Yusmiadi, SE, M.Si.

Sementara itu Drs. Bukhari, MM sebagai Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Gampong Provinsi Aceh dalam sambutannya sekaligus membuka acara tersebut mengharapkan agar BID ini benar benar dilaksanakan sesuai Juknis dan PTO agar tidak ada TPID yang beurusan dengan pihak berwajib, terimakasih kepada semua pihak terutama Pemerintah Aceh Timur, Muspika Kecamatan Peureulak, Pendamping Kabupaten, Kecamatan dan Desa teristimewa kepada TPID.

Yang mana sudah bekerja bahu membahu untuk menyukseskan BID Perdana di Aceh Timur dan yang Kedua di Provinsi Aceh.

Drs Muhammad Yasin selaku Staf Ahli Bupati Aceh Timur dalam sambutannya menyampaikan Pihak Pemerintah sangat mengapresiasi Pelaksanaan Bursa Inovasi Desa ini agar potensi potensi yang ada di Aceh Timur bisa terangkat dan di ketahui oleh publik dan desa desa akan meningkatkan PAG nya.

Camat peureulak kota NASRI SE,MM,juga mengatakan semoga dengan adanya bursa inovasi desa ini masyarakat bisa mengetahui tentang program Inovisi desa dan potensi desanya masing-masing ujar camat peureulak kota.  (Dedi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HUT SUARAKPK KE 9 (APRIL 2018)