Ponpes dan SMP Raden Paku Kota Salatiga, Cetak Generasi Berkualitas - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


Iklan BUMN



Penghargaan dari Kedubes Maroko


 

08 Juni 2019

Ponpes dan SMP Raden Paku Kota Salatiga, Cetak Generasi Berkualitas


SALATIGA, suarakpk.com - Di tengah banyaknya keluhan mahalnya biaya sekolah, masih ada lembaga yang menggunakan subsidi silang biaya pendidikan bagi murid-muridnya. Salah satunya Yayasan Pondok Pesantren (Ponpes) Raden Paku “Ainul Yaqien”, yang terletak di Jl.Fatmawati KM.04 Blotongan Kota Salatiga.
Di pesantren ini, seluruh biaya pendidikan, baik madrasah diniyah maupun sekolah menengah pertama (SMP) menerapkan subsidi silang bagi peserta didiknya.
Pengasuh Ponpes Raden Paku, KH Hamam Syafullah (54), mengatakan penerapan subsidi silang biaya pendidikan sudah dimulai sejak berdiri. (Baca Juga : Kasus Wadek FEBI IAIN Salatiga Disidangkan )
"Alhamdulillah, yayasan kami bisa menerapkan subsidi silang biaya pendidikan. Para murid baik yang mondok maupun yang hanya sekolah." kata KH Hamam Syafullah, saat ditemui suarakpk di pesantrennya, Selasa (28/5/2019).

KH Hamam Syafullah mengungkapkan bahwa di Yayasan Pondok Pesantrennya, memiliki unit pendidikkan diantara Pendidikan pondok selain mengajarkan Madrasah diniyah tingkat ula, wustho dan Ulya, juga mengajarkan kajian kitab-kitab kuning, pengajian alquran, bandungan al quran dan kitab kuning, bhatsul masa’il dan pengajian ta’lim mutaalim. (Baca Juga : Pabrik Palet Diduga Tak Berijin Di Desa Ngasinan, Cemari Lingkungan Warga)
“di pondok juga memiliki ekstra pondok diantaranya, rebana, qiro’ah, pencak silat, dziba’, khitbah, manakib dan jam’ah “wusul ilalloh” yang rutinan jumat kliwon ba’da ashar." terangnya.
Lebih lanjut, KH Hamam Syafullah menjelaskan, bahwa pondoknya telah mengukir prestasi dibeberapa perlombaan, diantaranya, menjadi juara 2 pencaksilat tingkat Salatiga pada tahun 1998, juara 3 kerajinan kerudung tahun 2012, juara 1 kerajinan tasbih tahun 2012, juara 3 kerajinan tas tahun 2012, dan juara 3 cipta puisi tahun 2013.
“semua prestasi sesuai dengan visi kami, yakni mencetak generasi moral akhlaqul karimah.” jelasnya.
Ditambahkan KH Hamam Syafullah, selain pelajaran pondok, Yayasan Raden Paku juga terdapat Sekolah Menengah Pertama (SMP) Raden Paku yang menerapkan visi HEBAT dari singkatan Handal, Berprestasi, Beriman dan Terampil. Dengan visi Mewujudkan siswa yang beriman, bertaqwa, cerdas, berprestasi dan berakhlaqul karimah.
“indikator  handal yakni, terwujudnya peningkatan kualitas kelulusan dalam bidang akademik dan non akademik, berprestasi yakni terwujud kesimbangan prestasi Iptek dan Imtaq, sedang beriman yakni terlaksananya sistem pendidikan terpadu dan teringrais dengan pondok pesantren serta terampil dalam artian cakap dalam mengplikasikan ilmu yang didapat.” ungkap KH Hamam Syafullah.

Sementara, diuraikan oleh KH Hamam Syafullah, bahwa di SMP Raden Paku juga memiliki program unggulan, diantaranya full day school boarding, English and Arabic communication, hafalan juz’ama dan doa-doa sehari-hari.
“sedangkan untuk ekstrakurikuler SMP Raden Paku diantaranya, Pelatihan Baris Berbaris, Pramuka, Pencaksilat dan Rebana.” ungkapnya. (Baca Juga : Viral : Pamen Polri Tuding Jendral TNI Curi HP Di Hotel)
Pantauan suarakpk, SMP Raden Paku juga menyediakan fasilitas penunjang pendidikan diantaranya, ruang multimedia, asrama pondok pesantren, hafalan alquran minimal juz’ama, ruang perpustakaan, ruang laboratorium dan layanan kesehatan dari puskesman.

Dikatakan oleh KH Hamam Syafullah, bahwa ditahun ajaran 2019/2020 ini, Pondok Pesantren dan SMP Raden Paku membuka pendaftaran siswa siswi dan santriwan santriwati dengan memenuhi syarat diantaranya, Fotocopy ijazah dan SKHUN SD/MI yang sudah dilegalisir masing-masing 2 lembar, (Apabila belum ada, cukup fotocopy raport), fotocopy akta lahir dan KTP orang tua, foto ukuran 3x4 atau 4x6 masing-masing 2 lembar, mengisi formulir pendaftaran.
“bagi 10 pendaftar pertama akan kami gratiskan biaya administrasi, dan untuk lebih jelasnya, calon peserta didik dapat datang langsung ke pondok pesantren Raden Paku.” pungkas KH Hamam Syafullah. (001/red)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HUT SUARAKPK Ke 9 (2018)