Wabup Batu Bara Minta Petani Menghasilkan Produk Pertanian - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


04 March 2019

Wabup Batu Bara Minta Petani Menghasilkan Produk Pertanian


BATU BARA, suarakpk.com - Pemkab Batu Bara, Sumatera Utara diminta kreatif memanfaatkan hasil pertaniannya sehingga memiliki nilai jual yang dapat meningkatkan perekonomian keluarga.
   
Wakil Bupati Batu Bara Oky Iqbal Frima di Lima Puluh, belum berapa lama ini, Selasa (26/2), mengatakan, para petani di daerah itu diminta mampu menghasilkan produk pertanian tidak hanya untuk dikomsumsi semata, namun harus mampu mengolahnya menjadi produk bernilai ekonomis lainnya.

Untuk itu petani dinilai perlu mengubah pola pikirnya agar produk pertanian yang dihasilkan bisa dijadikan ladang untuk berbisnis atau agrobisnis yang pada akhirnya diharapkan mmapu meningkatkan perekonomian keluarga.

Petani harus mandiri dan pintar, apalagi pemerintah daerah terus mendorong para petani untuk agrobisnis, yang artinya produk pertanian yang dihasilkan harus bisa di olah menjadi aneka produk.

"Misalnya buah-buahan yang selama ini hanya dijual dengan bentuk buah, dapat diolah menjadi manisan yang tentunya nilai ekonomisnya menjadi lebih tinggi.
Jangan beranggapan petani hanya untuk makan sendiri. Hasil pertaniannya harus bisa diolah lagi," katanya.

Untuk merubah pola pikir petani, Oky sangat mengharapkan kelompok-kelompok lebih memainkan peranannya dalam upaya mengajak petani untuk lebih terbuka wawasannya melihat berbagai peluang bisnis dari hadil panen pertaniannya.

"Yang tidak kalah penting adalah bagaimana kelompok tani tidak mengutamakan ego pribadi dan bisa memperjuangan kesejahteraan kaum petani," Pungkasnya. (414/Red)

No comments:

Post a Comment