Ganjar: Pelaku UKM Gratis Berjualan di Bandara Ahmad Yani - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


Iklan BUMN



Penghargaan dari Kedubes Maroko


 

11 Maret 2019

Ganjar: Pelaku UKM Gratis Berjualan di Bandara Ahmad Yani


SEMARANG, suarakpk.com - "Coba rasakan, ini makanan apa?" kata Gubernur Jateng Ganjar Pranowo sambil memberikan dua jenis makanan kecil kepada Junaidi, warga Mranggen dan Anis, warga Wedung, Demak.

Setelah mengunyah, kedua pengunjung Bandara Internasional Jendral Ahmad Yani menjawab bahwa yang mereka makan adalah ikan asin dan bekatul. Namun, menurut Ganjar, jawaban keduanya tidak tepat. Mereka pun mencoba kembali menjawab dengan jawaban lain. Lagi-lagi mereka tak mampu menjawab dengan tepat.

Ganjar pun memberikan jawaban yang kepada keduanya. Suami Atikoh itu menyebutkan bahwa yang mereka makan adalah pete yang dikeringkan lalu digoreng dan kue kering yang terbuat dari bekatul. "Meski jawabane salah, tetap saya kasih hadiah," ujar Ganjar sembari menyerahkan tabungan dari BNI 1946 masing-masing Rp500 ribu.

Dua perempuan yang mengantar saudaranya berangkat umroh ke bandara, Siti Sumiatun dan Rondiyah warga Mranggen nekat maju mendekati Ganjar. Karena tidak ada lagi makanan untuk ditebak, Ganjar pun meminta mereka bernyanyi. Keduanya pun melantunkan selawat. Tabungan masing-masing Rp500 ribu pun diberikan Ganjar kepada keduanya dari Bank Jateng.

Itulah kemeriahan di sela peluncuran Galeri UKM dan Ruang VIP Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang, Selasa (5/3/2019) siang. Ada 72 UKM, dengan 768 produk dan 8.000 buah barang meliputi produk fashion ready to wear, kain, kerajinan tangan, aksesoris sampai dengan dolanan anak tradisional.

Sebagai kontribusi kepada usaha kecil dan mikro, Pemerintah Provinsi Jateng memberikan ruang agar mereka bisa berjualan secara gratis tanpa biaya sewa. Dengan harapan, tentunya laku atau terjual. Struktur harga pun, agar tidak kemahalan dibuatkan ketetapan harga.

"Setiap bertemu teman apalagi yang lama tidak berkunjung ke Semarang, langsung bilang. Edan, Bandarane apik tenan. Ini tentu memacu kita untuk makin maju. Semarang maju, Jateng harus lebih maju," kata Ganjar.

Dia mengatakan, cara membuat bahagia pengunjung Bandara selain spot selfie Presiden Joko Widodo naik sepeda, galeri UKM, juga dibuat spot swafoto dengan gambar Ganjar Pranowo menuangkan kopi ke cangkir blirik yang bisa dipegang pengunjung. Di sisi kiri, ada gambar Wakil Gubernur Taj Yasin Maimoen tengah memegang cangkir blirik sambil tersenyum.

Sekretaris Daerah Provinsi Jateng Sri Puryono menjelaskan, pembangunan galeri UKM tersebut didukung penuh oleh APBD Provinsi Jateng. "Saya sudah mewanti-wanti kepada Bu Ema (Kepala Dinas Koperasi dan UKM Jawa Tengah) bahwa arahan Bapak Gubernur dan Bapak Wakil Gubernur ini bukan mindah gudang. Tapi yang ditampilkan di sini betul-betul qualified. Kecil tapi mendunia, sehingga nilainya sangat tinggi," jelasnya, dalam sambutan awal.

Sri Puryono membeberkan, Gallery UKM Jateng dibagi menjadi lima zona, yaitu zona fashion, zona accesories/handycraft, zona packaging food, zona food and beverage, dan zona activity. "Di depan area galeri dilengkapi photobooth mock up Bapak Gubernur dan Wakil Gubernur yang secara periodik akan berganti tema, antara lain barista, sate blora, vlogger dan sugeng rawuh," ujarnya.

Tak hanya Sri Puryono, Ganjar Pranowo dan Gus Yasin juga berpose di photobooth yang berlatar belakang gambar tiga dimensi berdua. Kedua pemimpin Jateng itu tampak bersenda gurau sembari berpose menikmati seduhan kopi. "Ojo lali mampir ngopi," kelakar Ganjar yang langsung disambut bidikan kamera para awak media. (Arif/red)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HUT SUARAKPK Ke 9 (2018)