Ganjar: Hati-hati Kelola Dana Desa - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


Penghargaan dari Kedubes Maroko


 

13 Maret 2019

Ganjar: Hati-hati Kelola Dana Desa


PURBALINGGA, suarakpk.com - Ratusan Kepala Desa (Kades) di Kabupaten Purbalingga begitu antusias mengikuti acara Ngopi Bareng Mas Ganjar di obyek wisata Owabong Kabupaten Purbalingga, kemarin Senin (11/3/2019) malam. Ditemani kopi dan aneka camilan, para Kades begitu asyik mengikuti acara yang juga dihadiri Plt Bupati Purbalingga Dyah hayuning Pratiwi, jajaran Kepala Dinas serta Forkopimda Kabupaten Purbalingga.

Uniknya, dari ratusan Kades yang hadir tersebut, sebanyak 185 Kades adalah Kades yang baru saja memenangkan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di daerahnya masing-masing. Mereka baru akan dilantik pada 13 Maret nanti dan resmi menjabat selama enam tahun ke depan.

Berbagai tema dibicarakan dalam kesempatan itu. Namun yang menjadi fokus pembicaraan Ganjar adalah persoalan pengelolaan dana desa dan optimalisasi potensi desa yang baik dan benar. "Saya itu dulu yang ikut menyusun soal dana desa ini. Sejak dulu, kekhawatirannya memang sama, bisa tidak ya para kepala desa memanfaatkan ini dengan baik. Karena ini banyak Kades baru, saya pesan hati-hati mengelola dana desa, harus benar-benar transparan," katanya.

Ganjar juga meminta para Kades baru tersebut tidak kaget dan kebingungan dalam mengelola dana desa. Maka dalam kesempatan itu, dirinya meminta agar Kades benar-benar mengedepankan integritas dan transparansi. "Saya mengingatkan, sudah banyak lho kasus yang muncul terkait pengelolaan dana desa ini. Maka perencanaan, monotoring dan evaluasi harus benar-benar transparan," tegasnya.

Integritas dan transparansi, lanjut dia, adalah hal yang mutlak dilakukan. Dirinya meminta agar Kades tidak sekali-kali berpikir untuk melakukan tindakan diluar kewenangannya. "Hati-hati, jangan sampai menyesal di kemudian hari," tambahnya.

Untuk menanggulangi adanya hal yang tidak diinginkan, dia menyarankan para Kades membuat skala prioritas dan melibatkan partisipasi masyarakat dalam penyusunan program kerja. Selain untuk pengawasan dengan partisipasi masyarakat itu maka diharapkan pembangunan akan sesuai dengan kebutuhan.

"Dengan partisipasi, representasi pembangunan akan sesuai dengan apa yang diinginkan masyarakat. Kalau semua itu dilakukan, maka dalam masa jabatan Kades selama enam tahun itu, hasilnya akan bisa terukur," ucapnya.

Disinggung keluhan para Kades terkait administrasi pengelolaan dana desa yang sulit, Ganjar mengatakan jika pihak kabupaten dan provinsi siap membantu. Jika ada permasalahan yang tidak bisa diselesaikan, para Kades diminta tidak segan mencari petunjuk.

"Apalagi, sekarang ada program yang dilakukan oleh beberapa Kabupaten dengan mendiklatkan para Kades terpilih. Ini cara bagus agar para Kades memiliki bekal ilmu untuk mengelola desa termasuk di dalamnya dana desa. Kalau mereka didiklat, maka harapannya mereka akan lebih siap," tukasnya.

Dalam kesempatan itu, Plt Bupati Purbalingga, Dyah hayuning Pratiwi mengatakan sangat senang dengan kunjungan kerja Gubernur Ganjar ke Purbalingga. Apalagi dalam kesempatan itu, Ganjar mengadakan dialog dengan para Kades yang banyak diantara mereka adalah Kades baru.

"Di Purbalingga ini ada 224 Kepala Desa, di mana mayoritas diantaranya yakni 185 Kades adalah Kades baru yang akan dilantik pada 13 Maret nanti. Momentum ini sangat menarik dan bermanfaat untuk pembekalan para Kades dalam nanti bekerja di desa masing-masing," ucapnya. (Arif/red)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HUT SUARAKPK Ke 9 (2018)