Pati Raya Siap Jadi Tuan Rumah Porprov 2022 - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


Penghargaan dari Kedubes Maroko


 

08 Februari 2019

Pati Raya Siap Jadi Tuan Rumah Porprov 2022



KUDUS, suarakpk.com – Enam Kabupaten di wilayah Pati Raya bersiap menjadi tuan rumah Porprov 2022. Hal tersebut terungkap saat rapat koordinasi perdana yang digelar di pendopo Kabupaten Kudus kemarin, Rabu (6/2). Nampak hadir dalam rapat koordinasi diantaranya, Bupati Kudus, H.M. Tamzil didampingi wakil bupati H.M. Hartopo, Bupati Pati, H. Haryanto, Bupati Blora, Joko Nugroho dan perwakilan dari Kabupaten Grobogan, Rembang dan Jepara. Keenam kepala Daerah tersebut menyatakan siap jadi menjadi tuan rumah bersama yang kemudian akan mengagendakan audiensi dengan Gubernur Jawa Tengah.

Rencananya, 44 cabang olahraga Porprov akan dipertandingkan. Penyelenggaraan cabang-cabang olahraga tersebut akan dibagi untuk 6 kota. Kudus akan mempertandingkan 11 cabor termasuk anggar maupun basket. Sebagai catatan, Kudus akan menyelenggarakan cabor terbanyak diantara kabupaten lainnya, termasuk upacara pembukaan dan penutupan. Terkait penginapan atlet, H.M. Tamzil mengaku Kudus memiliki hotel yang siap menampung sekitar 1.500 orang.
"Pada dasarnya, penginapan di Kudus mumpuni untuk menampung sekitar 1500 atlet yang bertanding," ujar Tamzil.

Sementara itu, kabupaten Pati akan mempertandingkan 10 cabang olahraga, kabupaten Blora 6 cabang olahraga, kabupaten Rembang 5 cabang olahraga, kabupaten Grobogan dan kabupaten Jepara masing-masing 7 cabang olahraga. Seluruh kabupaten tersebut menyatakan diri untuk kesiapan tentang akomodasi atlet.

Di sisi lain, perencanaan penyelenggaraan Porprov di Pati Raya merupakan inisiasi ketua KONI Pati yang disampaikan kepada Bupati Pati. Karena keterbatasan sarana dan prasarana, KONI Pati menggandeng KONI Grobogan yang selanjutnya menggandeng KONI se eks-Karesidenan Pati. Pada akhirnya, disepakati nama Pati Raya.

Dikatakan oleh Ketua KONI Kudus Antoni Alfin mengenai keuntungan ekonomi dari sektor UMKM, wisata dan kuliner yang akan dirasakan oleh wilayah Pati Raya. "Karena diperkirakan ribuan atlet, ofisial, dan supporter akan bertandang dan menginap di sini," katanya.

Menanggapi yang disampaikan oleh Antoni, Bupati Pati Haryanto yang merasa bahwa Pati Raya sudah dirasa pantas menjadi tuan rumah Porprov ke XVI nanti. Senada Bupati Blora H. Djoko Nugroho yang melihat bahwa penyelenggaraan Porprov biasa dilaksanakan di wilayah selatan ataupun tengah.
"Saatnya wilayah jalur Pantura yang diberi kesempatan menjadi tuan rumah," tutur Bupati Blora.

Dijelaskan, dari segi fasilitas, wilayah Pati Raya hampir semuanya siap. Tak hanya itu, prestasi atlet wilayah Pati Raya juga dinilai sudah baik. Untuk selanjutnya, bupati Kudus mewakili bupati lainnya akan mengirim surat kepada Gubernur Jateng dan tembusan kepada ketua KONI Jateng atas keinginan menjadi tuan rumah ini. Harapannya, sebelum April, audiensi dan paparan kepada Gubernur Jateng Ganjar Pranowo bisa terlaksana. (Arief/red)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HUT SUARAKPK Ke 9 (2018)