Daun Kelor Di Tangan KUBE Kunduran Menjadi Buah Tangan - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


Iklan BUMN



Penghargaan dari Kedubes Maroko


 

29 Januari 2019

Daun Kelor Di Tangan KUBE Kunduran Menjadi Buah Tangan




BLORA,SUARAKPK.COM - Nama Daun Kelor tentu sudah tidak asing di telinga masyarakat Indonesia. Bahkan ada istilah yang kerap menyebutkan daun kelor sebagai analogi, seperti pada istilah dunia tidak selebar daun kelor. Meski istilah tersebut sering digunakan di kehidupan sehari-hari, nyatanya daun kelor sendiri tidak begitu dikenal masyarakat.

Namun, hal tersebut tidak berlaku di Kunduran Kabupaten Blora, Anda akan menemukan banyak pohon kelor saat berkunjung ke daerah ini. Bahkan Anda dapat dengan mudah menemukan olahan daun kelor berupa sayuran atau camilan yang menggugah selera.

Salah satu paguyuban KUBE Kunduran, Kabupaten Blora dengan alamat Jalan Raya Kunduran Blora Komplek  Ruko Kunduran,yang mengikuti soft opening oleh oleh olahan daun kelor,Jumat (25/01/19) di Ruko Bekas Kantor Kecamatan.

Paguyuban Kube Kunduran dibentuk atas saran Direktorat Jenderal Kementerian Sosial yang saat itu berkunjung di Puri kelorina Ngawenombo.

Menindaklanjuti kunjungan tersebut selain Kube Kunduran, juga membentuk Kube sebanyak 10 kelompok usaha bersama,8 bergerak di bidang pengolahan kelor, 2 kelompok lagi di bidang sembako.

Dengan tujuan bahan baku pengolahan menjadi viral, kemudian hasil produksi olahan daun kelor bisa dipasarkan oleh PT yang bergerak di bidangnya.

Untuk mempercepat pelaksanaan,atau untuk meningkat serta mempercepat peningkatan taraf hidup para kelompok usaha bersama ini, dibikinlah Paguyupan Kube Kelurahan Kunduran, yang pada hari ini telah mengikuti lonceng yaitu opening soft opening toko pusat oleh-oleh olahan daun kelor, yang dihadiri oleh Bupati,yang diwakili oleh staf khusus Ali perekonomian, DKK,Lurah,Danramil,serta Dinas sosial P3A Kabupaten Blora selaku leding setornya bagi para anggota kelompok.

Disamping itu juga dari PT MOI Moringa Organik Indonesia juga datang sebagai pembimbing,serta dari pemerintah atau dinas yang terkait.

Kemudian harapan dari Lurah Kunduran Mugiyono S.sos, berhubung untuk saat ini tempatnya masih menyewa, mohon kepada pemerintah Kabupaten Blora, untuk menyediakan tempat.Agar bisa mengurangi pengeluaran dari KUBE yang baru berdiri ini.

Dengan disediakanya tempat agar masyarakat umum yang lewat, mengetahui bahwa kelurahan Kunduran,sudah memproduksi puluhan bahan makanan,maupun obat-obatan,dan kosmetik yang berbahan baku dari daun kelor.

Sehingga nanti pemasarannya bisa dibantu oleh tokoh-tokoh dan Indomaret, Alfamart, karena itu juga wajib untuk memasarkan produk-produk lokal yang mutunya sudah terjamin. Kemudian apabila nanti ternyata ada kemajuan-kemajuan di harapkan pemerintah juga memberikan suntikan modal dengan bunga yang lunak, sehingga tidak terlalu membebani bagi kelompok usaha bersama(KUBE) tersebut.Harapnya

Lewat tangan paguyuban Kube Kunduran dengan cekatannya, terciptalah beberapa olahan dari daun kelor yang bisa Anda bawa sebagai buah tangan.

Besar harapannya untuk bisa menciptakan rumah produksi yang bisa menjadi kebanggaan desa, ataupun kelurahan Kunduran ataupun Icon Kota Blora,bahkan bisa ekspor kelak.  Tutup Lurah Kunduran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HUT SUARAKPK Ke 9 (2018)