Bupati Blora : Segera Dilaksanakan Lelang Pembangunan 2019 - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


10 January 2019

Bupati Blora : Segera Dilaksanakan Lelang Pembangunan 2019




BLORA, suarakpk.com - Sebagai dasar pelaksanaan pemerintahan dan pembangunan di tahun anggaran 2019, Pemerintah Kabupaten Blora melalui Badan Pengelolaan Pendapatan, Keuangan dan Aset Daerah (BPPKAD) melaksanakan kegiatan Penyerahan Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) APBD 2019 kepada seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) kemarin Selasa malam (8/1/2019).

Bertempat di panggung terbuka Stadium Seni Budaya Tirtonadi, penyerahan DPA dilakukan langsung oleh Bupati Djoko Nugroho didampingi Wakil Bupati H.Arief Rohman, M.Si, dan Sekda Komang Gede Irawadi, SE, M.Si.

Dengan dihadiri seluruh Kepala OPD, Camat, lengkap dengan Sekretaris, Kabid, Kasubbag, Bendahara, dan pejabat terkait lainnya, acara tersebut juga dijadikan momentum untuk penandatangan pakta integritas, penyerahan Daftar Himpunan Ketetapan dan Pembayaran PBB P2, serta Penandatangan Kontrak Kerja.

Plt.Kepala BPPKAD Blora, yakni Sekda Komang Gede Irawadi SE, M.Si dalam laporannya menyampaikan bahwa penyerahan DPA kali ini dikemas berbeda dengan tahun tahun sebelumnya. Yang sebelumnya selalu di dalam gedung pertemuan secara formal, kini dikemas sederhana dan santai di panggung terbuka, sekalian mengundang para istri dan suami Kepala OPD agar bisa ikut memahami pekerjaan suami atau istrinya yang menjabat Kepala OPD.

“Selain penyerahan DPA, juga dilakukan penandatangan pakta integritas. Pakta integritas tahun ini juga berbeda. Sesuai arahan Bapak Bupati seluruh Kepala OPD tahun ini juga harus ikut menyukseskan penurunan angka stunting, penanggulangan kemiskinan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat. Dimana Bapak Bupati menargetkan dalam dua tahun kedepan kemiskinan bisa turun dibawah sepuluh persen,“ ujar Komang Gede Irawadi SE, M.Si.

“Khusus Kecamatan tidak hanya DPA saja yang diserahkan, namun juga Daftar Himpunan Ketetapan dan Pembayaran PBB P2 tahun 2019. Terimakasih pada tahun lalu PBB telah melebihi target, yakni lebih dari Rp 17 miliar. Semoga tahun 2019 nanti bisa lebih besar sehingga akan lebih bermanfaat untuk pembangunan,” lanjutnya.

DPA%2B2
Sementara itu, Bupati Djoko Nugroho dalam sambutannya usai penyerahan DPA, meminta agar seluruh OPD bisa segera melaksanakan program kerja tahun 2019. Salah satunya dengan mempercepat proses lelang pembangunan yang terkait dengan infrastruktur, fasilitas umum dan pelayanan masyarakat.

“Saya minta seluruh OPD bisa segera mempersiapkan lelang dan melakukan lelang proyek pembangunan. Semakin cepat lelang dilaksanakan maka uang daerah akan semakin cepat beredar di masyarakat, yang pada akhirnya pembangunan bisa segera terlaksana dan kesejahteraan akan semakin cepat tercapai,” tegas Bupati.

“Bangun jalan sebelum lebaran dibandingkan setelah lebaran itu sangat berbeda artinya. Itu semua sebagai wujud pelayanan kepada masyarakat. Kita harus berubah dan keluar dari rutinitas, serta melakukan terobosan yang brilian,” lanjut Bupati.

Menurut Bupati, sengaja kali ini penyerahan DPA dilaksanakan diruang terbuka agar lebih banyak lagi masyarakat yang mengetahui proses penyusunan perencanaan pembangunan yang tertuang dalam APBD.

“Perencanaan pembangunan yang dimulai dari Musrenbangdes, Musrenbang Kecamatan, hingga Kabupaten dan menyusut ke Rancangan APBD, akhirnya disahkan sebagai APBD yang kemudian diterjemahkan dalam DPA masing-masing OPD agar dilaksanakan. Semuanya harus kompak dan segera melaksanakan programnya sesuai DPA masing-masing,” pungkas Bupati.

Dalam kesempatan itu, Bupati juga melakukan penyerahan kendaraan Perpustakaan Keliling bantuan dari Perpustakaan Nasional kepada Dinas Perpustakan dan Kearsipan (DPK) Kabupaten Blora. Kemudian menyerahkan mobil ambulance kepada Puskesmas Medang, Puskesmas Tunjungan, Puskesmas Japah dan Puskesmas Kutukan.

Juga menandatangani prasasti peresmian proyek pembangunan tahun 2018 yang baru saja selesai. Diantaranya Penataan Kawasan Sunan Pojok, Pembangunan Gedung ICU, PICU, dan NICU RSUD dr.R.Soetijono Blora, Pembangunan Gedung Rawat Inap RSUD dr.R Soetijono Blora, Pembangunan Gedung Puskesmas Jepon, Pembangunan Panggung Terbuka Taman Tirtonadi, Pembangunan Rumah Dinas RSUD Cepu, Perbaikan Taman Seribu Lampu, Pembangunan Gedung Rawat Inap Puskesmas Randublatung, Pembangunan Gedung Laboratorium Kesehatan Daerah, Puskesmas Jiken, Puskesmas Medang, Puskesmas Todanan dan Tugu Penggergajian Kayu di batas Grobogan.

Meskipun sebelum dimulai sempat diguyur hujan, dan sempat turun hujan gerimis pada saat penyerahan DPA, namun pelaksanaan acara tetap berjalan lancar dan diakhiri dengan hiburan musik Keroncong-Rock (Congrock) dari Cafe in Tempuran. Adapun bintang tamunya adalah pelawak (dagelan) Jolang dan Ririn.(red/Bmb)

No comments:

Post a Comment