Tanggul Desa Sugiwaras Jebol, Warga Alami Kerugian Ratusan Juta - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


12 December 2018

Tanggul Desa Sugiwaras Jebol, Warga Alami Kerugian Ratusan Juta



KEBUMEN, suarakpk.com – Taggul air di Desa Sugiwaras, Kabupaten Kebumen, beberapa hari yang lalu, Sabtu (8/12) Jebol, kejadian jebolnya tanggul air itu diduga karena tingginya debit air yang melebihi kapasitasnya dan membuat konstruksi pintu air hancur, sempat ada upaya penanggulangan sementara yang dilakukan oleh warga sekita, warga masyarakat menggunakan karung karung pasir dan bambu untuk pencegahan agar air tidak membanjiri pemukiman warga, namun pada tanggal 10 Desember 2018 malam, tanggul darurat yang dibuat secara gotong royong oleh warga dibantu pemdes setempat dan pihak pihak terkait, kembali jebol karena hujan deras yang melanda Desa Sugiwaras Kebumen. Tingginya intensitas hujan di daerah tersebut, membuat air mengalir deras sehingga karung karung pasir penahan air hancur.
Saat dikonfirmasi, Kepala Desa Sugiwaras, Darmin, menuturkan bahwa jebolnya tanggul air sungai tersebut tidak ada korban jiwa, namun 2 rumah warga rusak parah diterjang air.
“warga yang rumahnya rusak, sudah dievakuasi sebelumnya dan kerugian diperkirakan mencapai 100jt lebih.” tutur Darmin.
Sementara, Babinsa Koramil, Masfuri mengungkapkan bahwa pihak pemdes dibantu warga, TNI, POLRI dan BPBD Kebumen, bekerja sama bahu membahu mengatasi bencana tanggul jebol ini,
“tanggul karung karung pasir dan bambu yang rusak, sementara akan digantikan dengan karung karung pasir dan kayu pohon kelapa sampai pemdes beserta dinas terkait melakukan perbaikan tanggul beserta pintu airnya.” pungkasnya. (Diani/red)

No comments:

Post a Comment