LAJU PENA TAK AKAN TERHALANG JERUJI Refleksi akhir tahun 2018 - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


Iklan BUMN



Penghargaan dari Kedubes Maroko


 

29 Desember 2018

LAJU PENA TAK AKAN TERHALANG JERUJI Refleksi akhir tahun 2018



SURABAYA, suarakpk.com - Mata Pena Mata Hati Production bersama Mahasiswa Save Jurnalis dan di dukung oleh THR institute, mengadakan acara  refleksi dipenghujung tahun 2018. Tema yang diusung pada acara ini yakni "LAJU PENA TAK TERHALANG  OLEH JERUJI Refleksi akhir tahun 2018".

Acara ini merangkul guyub, rukun, kawan-kawan jurnalis, beserta Aktivis, Mahasiswa, LSM (lembaga swadaya masyarakat), dan Para Elemen Masyarakat, di Pendopo THR Surabaya.

Tidak kurang 150 oranf hadir dalam acara tersebut. Kordinator acara, Kiki dari media Rakyat Jelata,  mengajak seluruh rekan rekan media dan aktivis di akhir tahun ini merefleksi segala persoalan yang hadir selama tahun 2018 dan menyambut kehadiran sang rekan jurnalis “Ade”  yang baru saja mengalami kriminalisasi oleh sebuah institusi pemerintah. berbagai perusahaan media hadir dalam acara itu serta rekan-rekan lainnya dari mahasiswa dan LSM  pun mendukung acara ini.

Acara di mulai pukul 14.30 wib, jumat (28/12/2018),
tak lupa suguhan Angklung RJC (Rakyat Jelata Comunity) juga memberikan warna bagi acara tersebut.


Acara diawali dengan sambutan oleh Bang Udin Sakera dan di lanjut dengan sesi sambutan dari berbagai element. kawan-kawan yang hadir memberikan sumbangsih, sebagai refleksi akhir tahun para jurnalis. Banyak didapat berbagai pengalaman, berbagai kiat-kiat untuk mengemban tugas sebagai jurnalis, dan berbagai masukan yang bervariatif.

Yanto banteng
memberikan semangat kepada seluruh jurnalis agar tetap berkarya demi masyarakat.

Pukul 16.13 memasuki acara klimaks, Ade memberikan sambutan yang merupakan Inti dari refleksi jurnalis akhir tahun 2018. dengan rangkuman  dan serangkaian ketabahan serta pendirian Teguh, sebagai karakter jurnalis ketika dipenjara (korban kriminalisasi)

Selamat datang, “Ade” sapaan yang mengharukan, penuh rasa kebanggaan dengan kehadiran rekan jurnalis, “Ade yang baru saja melewati masa-masa tragedi, intervensi, intimidasi, yang telah mengukir di dinding-dinding, pilar-pilar, lubuk hati seorang jurnalis, “Laju Pena Tak Terhalang Jeruji” yang di gelar oleh Mata Pena Mata Hati Production mengingatkan kembali betapa besar resiko dan berat tugas yang di emban sebagai jurnalis. namun dalam kehadiran Ade di acara tersebut telah memberi spirit baru kepada rekan jurnalis se- Indonesia khususnya “Arek Suroboyo” semangat dan tekad serta resiko sebagai jurnalis yang sudah mengalir di dalam tubuh dan mengakar dalam tekad dalam berkarya kembali dan berjuang melalui tulisan untuk rakyat.

Predikat yang disandang oleh sosok Ade sebagai jurnalis yang di kriminalisasi oleh sebuah kekuatan besar tak membuat surut nyali para jurnalis yang tetap berada di garis perjuangan. pengalamannya sebagai figur dan suri tauladan untuk kawan-kawan jurnalis akan menjadi tonggak sejarah khususnya di Kota Surabaya.

Dalam sambutannya, Ade menjelaskan semua Kronology mulai penangkapan hingga proses persidangan sampai putusan semua tidak sesuai dengan fakta. Ade yang di jerat dengan pelanggaran UU ITE dan Di anggap melakukan Pemerasan saat itu, ternyata tidak terbukti sama sekali.

akhir putusan majelis Hakim menjatuhkan Palunya bahwa Ade bersalah karena melakukan pencemaran nama baik.
sungguh memprihatinkan sekali.

“Saya tetap bersabar dalam menjalani proses itu, dan saya yakin allah maha tahu segalanya. terima kasih untuk semua rekan yang selama ini sudah mensupport saya secara langsung maupun tidak, semua dukungan kalian menjadi kekuatan saya. hingga detik ini saya masih bisa berdiri di hadapan kalian dan bertemu dengan saudara sesama profesi kembali.  saya tetap bersyukur dan mohon maaf bila merepotkan selama ini. hanya satu pesan saya, jangan pernah takut dengan jeruji.
itu hanya buatan manusia. teruslah berkarya, masyarakat butuh kita” Pungkasnya.

Dalam acara tersebut hadir pula para senior dalam dunia Pers seperti Gatot 4Panji Nasional, Marzuki, Hendro dan masih banyak lagi yang lainnya. bahkan ada rekan media yang berasal dari luar kota tambahnya. (Ani)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HUT SUARAKPK Ke 9 (2018)