Kapten Czi Sundiro : Pemerintah Fokus Pencegahan Stunting - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


12 Desember 2018

Kapten Czi Sundiro : Pemerintah Fokus Pencegahan Stunting


BLORA, suarakpk.com – Deklarasi Stop Buang Air Besar Sembarang Dan Peduli Stanting Kecamatan Kunduran Kabupaten Blora telah ditanda tangani bersama oleh Forkompincam Kunduran beberapa hari yang lalu, Rabu, (5/12), salah satuanya, oleh Danramil 13/Kunduran, Kapten Czi Sundiro.
Dalam penandatanganan Deklarasi tersebut turut dimenyaksikan dan hadir diantaranya, tim kesehatan Kab. Blora, Muspika, Tokoh agama, Tokoh masyarakat, Tokoh daerah dan Kades sekecamatan Kunduran serta ibu-ibu tim koordinator kades kesehatan tiap desa, ,
Dituturkan Danramil 13/Kunduran, Kapten Czi Sundiro, bahwa sebagian besar masyarakat mungkin belum memahami istilah yang disebut stunting.
“Stunting adalah masalah kurang gizi kronis yang disebabkan oleh kurangnya asupan gizi dalam waktu yang cukup lama, sehingga mengakibatkan gangguan pertumbuhan pada anak yakni tinggi badan anak lebih rendah atau pendek (kerdil) dari standar usianya.” tuturnya.
Kapten Czi Sundiro kembali menjelaskan, bahwa kondisi tubuh anak yang pendek seringkali dikatakan sebagai faktor keturunan (genetik) dari kedua orang tuanya, sehingga masyarakat banyak yang hanya menerima tanpa berbuat apa-apa untuk mencegahnya. Padahal seperti kita ketahui, genetika merupakan faktor determinan kesehatan yang paling kecil pengaruhnya bila dibandingkan dengan faktor perilaku, lingkungan (sosial, ekonomi, budaya, politik), dan pelayanan kesehatan.
“Dengan kata lain, stunting merupakan masalah yang sebenarnya bisa dicegah.” ujarnya.
Menurutnya, salah satu fokus pemerintah saat ini adalah pencegahan stunting. Upaya ini bertujuan agar anak-anak Indonesia dapat tumbuh dan berkembang secara optimal dan maksimal, dengan disertai kemampuan emosional, sosial, dan fisik yang siap untuk belajar, serta mampu berinovasi dan berkompetisi di tingkat global.
''Terdapat tiga hal yang harus diperhatikan dalam pencegahan stunting, yaitu perbaikan terhadap pola makan, pola asuh, serta perbaikan sanitasi dan akses air bersih'.” pungkas Danramil 13 Czi Sundiro. (Bambang/red)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar