Desa Kemiri, Kunduran Blora, Diverifikasi Tim ODF Prov.Jateng - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


12 December 2018

Desa Kemiri, Kunduran Blora, Diverifikasi Tim ODF Prov.Jateng



BLORA, suarakpk.com – Dalam rangka peningkatan akses masyarakat terhadap air minum layak dan sanitasi yang aman, layak dan berkelanjutan di Desa Kemiri, Kecamatan Kunduran, Kabupaten Blora. Untuk mendukung percepatan target Universal Access Sanitasi 2019, beberapa hari yang lalu, Selasa (4/12) Pemerintah Desa Kemiri menerima tim verifikasi desa/kelurahan stop buang air besar sembarangan (BABS) atau open defecation free (ODF) Provinsi Jawa Tengah. Turut hadir dalam Verifikasi diantara, Camat Kunduran, Babinsa, Babinkamtibmas, tim verifikasi dari semarang, uptd Puskesmas Kunduran, Bidan desa, Kader kesehatan dan Pemdes Kemiri.
Camat Kunduran Suhirman terlihat menyambut baik kedatangan Tim  Verifikasi  ODF Propinsi Jateng di Desa Kemiri Kecamatan Kunduran Kabupaten Blora di Balai Desa selasa, (4/12/2018). Dalam sambutanya Camat menjelaskan pemkab berkomitmen untuk melaksanakan program Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM).
“sejak tahun 2008 melalui program Pamsimas dan STBM merupakan Bentuk perhatian kami terhadap program ODF di Kabupaten Blora khususnya Kecamatan Kunduran.” tutur Suhirman. 
Suhirman berharap, dengan terbebasnya dari ODF atau stop buang air besar sembarangan warga di Kemiri dapat 100% akses ke jamban.
“harapan kami seluruh masyarakat di Kecamatan Kunduran di tahun 2018 ini sudah dapat 100% akses ke jamban sehat.” harap Camat  mengakhiri kata sambutan penerimaan.
Sementara itut Tim verifikasi ODF Pemprov Jateng yang terdiri dari tim independen dan profesional lintas sektor dan lintas program menjelaskan, bahwa verifikasi yang dilakukannya ada dua tahap verfikasi di Kecamatan Kunduran.
"Setelah Tim terjun melaksanakan verifikasi ke lapangan, dengan mengamati desa  Kemiri yang terdiri dari jamban sehat permanen dan sehat semi permanen, Tim Verifikasi sepakat menyatakan Kecamatan Kunduran dengan ini dinyatakan layak ODF.” Pungkasnya. (Bambang/red)

No comments:

Post a Comment