Unik, Pilkades Banjarejo Grobogan Seperti Hajatan Pengantin Baru - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


30 November 2018

Unik, Pilkades Banjarejo Grobogan Seperti Hajatan Pengantin Baru



BLORA, suarakpk.com - Ada yang berbeda pada pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di Desa Banjarejo, Kecamatan Gabus Kabupaten Grobogan, kemarin Kamis (22/11/2018). Dua orang yang maju dalam Pilkades duduk bersanding di satu kursi layaknya pasangan pengantin. Akrab, mesra tak nampak aroma persaingan.

Nuansa gelaran pernikahan dengat adat Jawa sangat kental terasa pada pelaksanaan Pilkades tersebut. Dua calon kades yang memang sepasang suami istri itu pun mengenakan baju pengatin lengkap dengan dandanan pengantin. Tempat duduknya juga layaknya pelaminan.

Tidak hanya itu, tenda yang digunakan untuk menggunakan hak suara bagi warga Banjarejo pun dihias dengan indah. Panitianya pun memakai pakaian yang kental dengan pakaian jawa.

Bahkan sebelum masuk ke tenda tersebut, dua foto ala 'prewedding' berukuran besar terpampang di samping tenda tersebut. Bahkan seperti lumrahnya pesta pernikahan masa kini, warga yang telah menggunakan hak pilih juga antre untuk memberi ucapan selamat serta berfoto bersama dengan sepasang mempelai calon kades tersebut.

Kedua calon kepala desa tersebut yakni Achmad Saipul.  S.IP yang merupakan calon petahana, bersaing dengan istrinya sendiri, Yuyun Isticomah.

Ditemui di sela-sela pelaksanaan Pilkades, Achmad mengaku sengaja mengenakan pakaian pengantin selama pelaksanaan Pilkades.
"Ini konsepnya resepsi pernikahan karena yang menjadi musuh dalam Pilkades kali ini istri sendiri. Jadi sekalian untuk nguri-nguri (melestarikan) budaya," tuturnya.

Untuk memeriahkan Pilkades ia sengaja menyediakan pakaian pakaian adat jawa. 

Sebagai bentuk terimakasih kami kepada semua pihak yang telah mendukung Pilkades di Banjarejo." kata calon petahana.

Mencalonkan istrinya sendiri hanya untuk memenuhi syarat calon kades yang bertarung harus lebih dari satu. Padahal hingga batas akhir, Achmad tidak mendapatkan lawan yang mendaftar. (bambang/red)

No comments:

Post a Comment