Ketua PKK Kota Salatiga, Buka Sosialisasi Kepustakawanan Dinas Persip Kota Salatiga - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


22 November 2018

Ketua PKK Kota Salatiga, Buka Sosialisasi Kepustakawanan Dinas Persip Kota Salatiga


SALATIGA, suarakpk.com – Dalam upaya meningkatkan Kota Literasi, Dinas Perpustakaan terus gencar membina dan mengambangkan kepustakawanan di wilayah Kota Salatiga, seperti nampak hari ini, Kamis (22/11), Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Salatiga menggelar kegiatan Sosialisasi Kepustakawanan yang diikuti sebanyak 80 pustakawan Kantor Kelurahan dan Pustakawanan PKK Kelurahan di Lantai dua, Ruang Serba Guna Gedung Dinas Perpustakaan dan Kearsiapan Kota Salatiga.
Sosialisasi menghadirkan narasumber Ketua Penggerak PKK Kota Salatiga, Titiek Kirnaningsih Yulianto yang membawakan materi “Peran Ibu Dalam Menumbuhkan Minat Baca Anak” dan sekaligus menyerahkan bantuan buku kepada 5 Kelurahan serta hadiah lomba kepustakawanan.
Dalam materinya, Titiek menuturkan bahwa untuk mengarahkan anak tentang buku yang menjadi acuan informasi dan mengajak anak ke kebun binatang, ke perpustakaan, ke museum akan membentuk pola pikir anak yang lebih inovatif dan terangsang untuk terus membaca.
“Kita terus menyarankan anak untuk menamai buku-buku koleksinya, memberikan buku tentang sesuatu hal yang dilihat di TV dan mengajak anak anak ke toko buku atau perpustakaan dan syukur kita mampu membuat perpustakaan keluarga, hal tersebut merupakan bagian dari tugas seorang ibu dalam menumbuh kembangkan minat baca anak-anak.” tuturnya.
Sebelum meberikan materi, Titiek dalam sambutannya mengabsen peserta yang tidak hadir, dirinya berjanji akan menegur PKK kelurahan yang tidak hadir dalam kegiatan sosialisasi kepustakawanan. Titiek juga membuka dimulainya sosialisasi.
Sementara, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Salatiga, Slamet Setyo Budi,SE.,M.Acc menjelaskan tentang Peran Perpusatkaan Umum dalam mengembangkan minat baca dan literasi di kota Salatiga.
Menurut Setyo Budi bahwa upaya peningkatan minat baca yang dilakukan perpustakaan daerah meliputi penambahan koleksi buku, memberikan bantuan buku kepada perpustakaan kelurahan, Taman Baca Masyarakat (TBM) dan peminjaman kolektif kepada TBM.
“peningkatan layanan perpustakaan killing yang telah bekerjasama dengan TBM, juga memberikan layanan baca di area bermain masyarakat serta layanan berbasis Teknologi Informatika Kepustakawanan atau iSalatiga terus kami lakukan.” ujarnya.
Hingga berita ini diturunkan Sosialiasi Pustakawanan masih berlangsung penyerahan hadiah lomba perpustakaan, juara 3, diraih oleh kelurahan Blotongan menerima Piagam dan Uang pembinaan senilai Rp.500.000, juara 2 kelurahan Tingkir Tengah, menerima piagam dan uang pembinaan Rp.750.000 juara 1 diraih oleh kelurahan pulutan menerima hadiah piagam dan uang pembinaan Rp.1.000.000,
Selain itu pada kesempatan yang bersamaan, Titiek juga menyerahkan bantuan buku kepada kelurahan randuacir, kelurahan sidorejo lor, kelurahan kutowinangun lor, kelurahan blotongan, kelurahan bugel.
Sebelumnya kemarin Rabu (21/11) Dinas Persip Kota Salatiga juga telah menggelar kegiatan seminar Perpustakaan Sekolah yang mengangkat tema “Perpustakaan Sekolah sebagai Motor Penggerak Literasi di Kota Salatiga.” yang menghadirkan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah, Dra.Tri Wahyu Hari Murtiningsih,M.Si, selain itu juga menjadi nara sumber Seminar, Ketua Ikatan Pustakawan Indonesia (IPI) Kota Salatiga, Itmamudin,SS.,MIP yang mengupas tentang Pustakawan dan Perpustakaan di Era 4.0. (001/red)

No comments:

Post a Comment