Haul Akbar : Meneladani Perjuangan Simbah Laitsiddin - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


12 November 2018

Haul Akbar : Meneladani Perjuangan Simbah Laitsiddin


KENDAL, suarakpk.com - Haul Akbar Simbah Laitsiddin dan para sesepuh Dukuh Srandu, Desa Jungsemi Kecamatan Kangkung Kabupaten Kendal (11/11) dibanjiri ribuan hadirin, termasuk Bupati Kendal, dr. Mirna Annisa, MSi Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Drs. H. Agus Rifa'i MPd. Para Muspika Kec. Kangkung serta ribuan pengunjung lainnya.
Lima tahunan Haul Akbar Simbah Laitsiddin Kemangi dengan prosesi pemotongan Kerbau Bule ini sudah berlangsung ratusan tahun sehingga sudah menjadi tradisi masyarakat Desa Jungsemi untuk menunjukkan rasa syukur kepada Allah SWT dan penghormatan pada leluhurnya yang telah berjuang menegakkan kebenaran, keadilan serta membuat kemakmuran masyarakat Desa Jungsemi.
Haul Akbar kali ini menghadirkan mubaligh kondang dari Ungaran Kabupaten Semarang,  KH. Miftahul Huda Alhafidz. 
Dalam ceramahnya Kyai Miftahul Huda mengajak para hadirin untuk meneladani perjuangan Simbah Laitsiddin yang cinta terhadap kebenaran dan keadilan dalam menegakkan syariat islam di Desa Jungsemi dan sekitarnya.
Dikatakannya bahwa masyarakat jangan mudah terpengaruh dengan adanya GAS yaitu gerakan anti sholawat,  GAT gerakatan anti Tahlil dan GAM gerakan anti Manaqif. Mereka yang menyebarkan gerakan itu adakah orang-orang yang belum faham Islam dan mereka menyesatkan umat.
Lebih lanjut Kyai Miftah juga mengingatkan kita sebagai makhluk sosial yang seharusnya untuk berbuat sosial seperti yang telah dicontohkan Rasulullah dengan perilaku akhlaqul kharimah terhadap siapapun. Sehingga kepedulian sosial terhadap sesama harus ditumbuh kembangkan demi kesejahteraan masyarakat.
Sedangkan Bupati Kendal dalam sambutannya mengajak kepada seluruh masyarakat Jungsemi untuk bersama sama membangun desa.
"Mari bapak bapak, ibu ibu serta para hadirin untuk bersama sama membangun,sehingga kesejahteraan masyarakat benar-benar terwujud. Tunjukkan rasa kebersamaan, kegotong royongan, bersatu padu untuk mewujudkan kemakmuran dan keadilan serta membuat suasana kondusif demi kesejahteraan bersama," tuturnya.
Menurut Bupati Kendal Mirna Annisa bahwa sekarang masyarakat Jungsemi sudah bisa menikmati hasil pembangunan. "Warga masyarakat kini sudah mudah untuk ke mana aja sebab akses jalan semua sudah mulus, baik jalan antar kecamatan, antar kampung, antar desa bahkan antar RW dan RT semua sudah terbangun dengan baik. Saya berikan apresiasi pada Kepala Desa Jungsemi yang telah kerja keras yang tak kenal lelah untuk memberikan pelayanan terbaik bagi warganya, sehingga sekarang Desa Jungsemi makin baik dan maju sehingga masyarakat juga semakin sejahtera, " ungkapnya.
Senada dengan Bupati, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kendal, Drs. H. Agus Rifa"i MPd. berharap agar Makam Simbah Laitsiddin Kemangi ke depan bisa tertata dengan pengembangan pembangunan makam yang lebih representatif sehingga para peziarah bisa semakin banyak, yaman dan kerasan untuk berlama lama serta sekaligus untuk berwisata bahari yaitu pantai indah kemangi yang elok dan mempesona, " katanya berharap. (002/tim tes)

No comments:

Post a Comment