Disdik Kab.Gresik, Sosialisasikan Pendampingan Managemen Gugus - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


13 November 2018

Disdik Kab.Gresik, Sosialisasikan Pendampingan Managemen Gugus


GRESIK, suarakpk.com - Untuk meningkatkan pengetahuan keprofesionalan dunia pendidikan, Dinas Pendidikan Kabupaten Gresik beberapa waktu lalu, mengadakan sosialisai dan pendampingan manajemen gugus bagi pemangku atau pelaksana pengawas, guru, kepala sekolah tingkat TK dan SD seKabupaten, sosialisasi yang diadakan di aula ainul yakin, jl. Arif rahman hakim kantor Diknas Gresik, dimulai dari hari rabu dan kamis (7,8/11) tersebut diikuti sekitar 125 orang, diantaranya masing-masing gugus dari SDN diwakili kepala sekolah 1, guru 1, pengawas 1, dan semua kecamatan segresik hadir disini.
Dikatakan oleh Nur Malikah yang mewakili dari Dinas Pendidikan bahwa di kegiatan tersebut mengupas bagaimana pendidikan di Kabupaten Gresik dari hari ke hari dan waktu ke waktu agar semakin maju.
"begitu juga tugas dari kepala sekolah sebagai fungsi manajerial, begitu RKA sekolah." tuturnya.
Pada kesempatan yang sama Dr Dwi Ilham raharjo M. Pd dari widya swara LPMP  Jawa Timur, menerangkan isi dari materi manajemen gugus dengan harapan guru di Gresik dapat semakin profesional dalam mengajar.
"tugas-tugas guru yang wajib di kembangkan yaitu pengembangan diri, publikasi ilmiah serta karya inovatif, dalam satu tahun guru harus mengikuti kkg/mgmp paling sedikit 12 kali pertemuan dalam peningkatan kompetensi guru yang telah disepakati." jelas Dwi Ilham.
Ditambahkan Dwi bahwa dalam pertemuan tersebut, dirinya membahas 5 hal, diantaranya mengenai silabus dan RPP, pengembangan instrumen penilaian, pengembangan pengembangan model-model pembelajaran, pembuatan alat peraga, dan terkahir pembuatan OTK.
Di sisi lain, salah satu peserta dari SDN Dadapkuning, Cerme, Daryatun Dwi Kartini,SP.d mengaku bersyukur dirinya dapat mengukuti kegiatan sosialisasi tersebut.
"alhamdululah saya bisa ikut acara ini sehingga saya bertambah ilmu teknik mengajar bertambah pengalaman serta mengetahuhi aturan dalam kegiatan-kegiatan gugus yang akan datang dan juga skill, attitude/etika yang diterapkan dalam bidangnya tambah saya kuasai." ujarnya.
Menurutnya, bahwa kegiatan ini sangat perlu bagi dunia pendidikan di Kabupaten Gresik agar para pemangku pendidikan bertambah memiliki kemampuan dan pengetahuan serta memiliki tanggung jawab profesi yang baik dalam pelaksanaan program kerja.
"sehingga dapat terwujut cita-cita yang diinginkan bersama, tentunya demi untuk kemajuan dan bertambah majunya pendidikan di Gresik." pungkasnya. (rahmad/red)

No comments:

Post a Comment