Bupati Ciamis Dorong Desa Terus Berinovasi Dalam Pembangunan - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


07 November 2018

Bupati Ciamis Dorong Desa Terus Berinovasi Dalam Pembangunan



CIAMIS, suarakpk.com - Program Inovasi Desa, yang merupakan program Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendesa, PDTT). Dimaksudkan untuk membangun Desa kreatif dan berinovasi agar mampu mendorong pengembangan ekonomi lokal. Juga replikasi teknologi, dan percepatan pembangunan Desa guna mewujudkan kesejahteraan masyarakat.
Program tersebut memberikan kewenangan berdasarkan hak asal usul dan kewenangan lokal skala desa, sehingga diharapkan, desa mampu meningkatkan kapasitas finansial Desa melalui Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD).

Dalam Keterangan Bupati Ciamis mengatakan, bahwa inovasi menjadi trend pembangunan di Kabupaten Ciamis, hal tersebut disampaikan Bupati Ciamis pada sosialisasi Inovasi Desa kemarin selasa (6/11) di Islamic centre Ciamis yang dihadiri oleh seluruh Kepala Desa Se Kabupaten Ciamis.

Menurut Bupati, melalui kewenangan dan anggaran, desa dapat meningkatkan kemampuannya untuk mengatur dan mengurus kepentingan masyarakat secara efektif guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa.

Namun demikian, disadari bahwa kapasitas Desa dalam menyelenggarakan pembangunan dalam perspektif “Desa Membangun”, masih terbatas.
“Keterbatasan itu dapat dideteksi pada aras pelaku (kapasitas aparat pemerintah desa dan masyarakat), kualitas tata kelola desa, maupun sitem pendukung (support sistem) yang mewujud melalui regulasi dan kebijakan pemerintah yang terkait dengan desa.” ujar Bupati. (L.Romli/Red)

No comments:

Post a Comment