Sumarsoni Ajak Kalangan Muda Todanan Lestarikan Budaya Seni Barong - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


24 October 2018

Sumarsoni Ajak Kalangan Muda Todanan Lestarikan Budaya Seni Barong


BLORA, suarakpk.com - Seni Barongan Singo Phole adalah nama barongan yang diambil dari nama Pohon Phole yang berada di Todananan Kabupaten Blora. Sehingga menjadilah seni Barongan Singo Phole, yang hingga sekarang banyak diminati warga sekitar dan diluar Todanan.


Sedangkan nama Kota Todanan sendiri asal usulnya adalah dari bahasa Tedanan atau Tedo yang artinya makan dan mangan (jawanya).
Menurut  Sumarsoni Spd selaku pemekarsa atau yang dituakan dalam terbentuknya seni barongan  Singo Phole menuturkan, bahwa cerita Barongan Singo phole di wilayah Todanan ada beberapa group.
“yang pertama barongan Dukuh Padas yang juga masuk wilayah Todanan, namun sekarang barongan Padas tinggal cerita, dan barongan Singo Phole yang berdiri mulai tahun 1986 dan diera tahun 1990 - 2000 sangat digemari oleh masyarakat Todanan dan sekitarnya.” Jelas Sumarsoni kepada suarakpk.com kemarin Sabtu 20/10/2018.
Dirinya mengaku, bahwa jadwal pentas Barongan Singo Phole sendiri sudah banyak sekali bahkan sampai terjadwal ganda.
“di tahun berikutnya bermunculan group barongan banyak sekali di Desa Todanan.
Ada Bimo Kurdho, Singo Lodro,Smp PGRI,SMPN I Todanan". ungkapnya.

Ditambahkannya, saat ini banyak seniman singo phole yang sudah tua dan tak sanggup lagi bermain pentas, bahkan ada sebagian yang meninggal, untuk itulah sebagai tokoh yang di tuakan, dirinya berupaya meneruskan, mencari bibit baru sebagai penerus.
“tergabunglah Seni Barongan Dengan nama Singo Phole Junior dan bermarkas di rumah Ridwan CS, agar seni barongan terkenal dijagat raya.” katanya.

Sementara, Ridwan yang merupakan pemuda pemilik sanggar barongan atas prakarsa Sumarsoni, berharap barongan dapat berkembang di Kabupaten Blora.
“saya selaku generasi muda dari paguyuban seni barongan Singo Phole Ridwan CS, berharap sekali, barongan Blora khususnya Kecamatan Todanan bisa dikembangkan , dikenal, dicintai generasi muda Blora, dengan menanamkan pendidikan berkarakter berbudaya.” pungkasnya. (Bambang/red)

1 comment: