Sri Sultan HB X Ajak Seniman lestarikan budaya sendiri - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


16 October 2018

Sri Sultan HB X Ajak Seniman lestarikan budaya sendiri


YOGYAKARTA, suarakpk.com - Sri Sultan HB X bersama rombongan kemarin Kamis (10/10) mengadakan kunjungan di kediaman aktifis seni Mas Inung, yang tinggal di Jl Nologaten no 234  Yogyakarta. Dalam kunjunganya yang  dimulai sekitar pukul 11.00, disambut oleh perupa antara lain Astuti Kusumo, Bambang Heras, Juminar, Indah Mulyani, En Iskandar, Prilasiana, Mamik Blangkon, Nur Azizah, Sukoco Hayat beserta sedulur Nyeni lainya. Rombongan HB X langsung diajak kegiatan melukis bersama dengan mengenakan pakaian jawa surjan, blangkon, dan beberapa mengenakan batik. Selain penyambutan dengan kegiatan seni rupa, tembang tembang jawi dan puisi juga di suguhkan sebagai keanekaraagaman  aktifitas seni yang di lakukan di kediaman Mas Inung.
Dalam acara tersebut Sultan HB X juga mengadakan dialog dengan para seniman yang hadir, dirinya mengajak  untuk selalu menjaga dan melestarikan budaya kita Indonesia.
"Berfikir boleh modern tetapi harus tetap menjaga dan melestarikan budaya sendiri, bekerja keras wajib, tetapi jangan lupa menjaga kesehatan." tutur Ngarso Dalem dengan sangat ramah dan suasana yang mengeluarga.
Dalam kunjungannya, Ngarso Dalem juga diminta oleh para pelaku seni, untuk menandatangani hasil karya lukis on the spot para seniman sebagai cinderamata, dan meresmikan sekertariat Sanggar  Arundaya yang diketuai Slamet Jumiarto.
Tak lama beramah tamah sambil makan bersama, Ngarso Dalem Sri Sultan HB X bersama rombongan meninggalkan kegiatan, karena masih harus ada tugas lain dan diiringi tembang jawi akapela yang merdu. (Sukoco/red)

No comments:

Post a Comment