Jalan Penghubung Kecamatan Medang Deras di-Landa Banjir - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


14 October 2018

Jalan Penghubung Kecamatan Medang Deras di-Landa Banjir


BATU BARA, suarakpk.com - Derasnya guyuran hujan yang membuat sejumlah jalam umum mengalami kebanjiran, disebabkan luapan air sungai yang tidak dapat menampung datangnya air dari hulu ke hilir dengan debet yang sangat tinggi.

Akibatnya beberapa titik ruas jalan antar Kabupaten dikawasan Medang Deras persisnya Desa Nanasiam Kecamatan Medang Deras Kabupaten Batu Bara Sumatera Utara digenangi air mencapai 40 cm lebih, kemarin Kamis(11/10/18)

Menurut "Yus" derasnya guyuran Hujan berapa hari bekalangan ini membuat aliran sungai tidak dapat menampung disertakan air kiriman dari kecamatan Sei Suka, " Durasi hujan beberapa hari,  membuat alur sungai tak mampu menampung debit air yang tinggi" ujarnya.

Disebabkan tidak dapat menampung air yang begitu banyak otomatis meluber ke jalan yabg lokasinya lebih rendah, dimana titik banjir terjadi  di Dusun III, VIII, IX dan Dusun
 X Desa Nanasiam.

Sekretaris Desa (Sekdes) Nanasiam Adi mengatakan  terjadinya banjir dikarenakan beberapa hari ini didaerah tersebut sering turun hujan ditambah dengan dangkalnya alur sungai, " Kita sering usulkan dalam Musyawarah Rencana Pembunganan (Musrenbang) Desa untuk menambah ketinggian tanggul serta mendalamkan alur sungai dan usulan tersebut sudah disampaikan kepihak Provinsi tapi sampai hari ini belum ada juga respon dari pihak manapun" tuturnya.

Kebanjiran Lanjutnya, akibat  bukan hanya kali ini akan tetapi sudah terjadi pada setiap tahun ketika musim hujan datang dikarenakan tanggul yang rendah serta alur sungai yang nangkal.

Disamping itu, Dia berharap pihak Pemkab Batu Bara maupun Provinsi dapat lebih  serius memperhatikan kondisi itu karena dampak dari luapan air sungai yang membanjiri jalan umum dan  perputaran ekonomi Masyarakat juga siswa/i yang hendak kesekolah menjadi terkendala.

Dilokasi banjir terlihat anggota Badan Penanggulang Bencana Daerah(BPBD) Kabupaten Batu Bara beserta Tagana dari Dinas Sosial bersiap siaga.

Amatan Waratawan hingga berita ini dilansir kemeja redaksi debit air dijalan tersebut semakin bertambah.
(Muhammad amin/Red)

No comments:

Post a Comment