Cantrik Bagong Pentas di Padepokan Bagong - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


22 October 2018

Cantrik Bagong Pentas di Padepokan Bagong



BANTUL, suarakpk.com - Gelak tawa terjadi di Padepokan Seni Bagong Kussudiardja (PSBK) yang berada di Kembaran, Tamantirto, Kasihan , Bantul dalam acara Gelar Seni Gugus Bagong yang merupakan acara temu alumni dari mantan murid Cantrik-mentrik PSBK dari seluruh nusantara hingga asia. Acara yang dilaksanakan tiga hari (18-20 okt) kemarin menampilkan kesenian baik dari dalam hingga luar negeri yang merupakan mantan murid dari Bagong Kussudiardja (BK) tersebut.
Mulai dari anak anak hingga orang dewasa dapat menikmati pertunjukan tersebut secara saksama, terlebih lagi dengan adanya penampilan dari salah satu mantan Cantrik-mentrik dari cirebon yakni Handoyo (Alm) yang telah mendirikan sanggar di daerahnya (cirebon) yang bernama sanggar pringgading.
Windu (anak handoyo) menampilkan kesenian Ronggeng bugis Yakni kesenian yang khas di cirebon. Penampilan ronggeng bugis dari cirebon tersebut tampil di hari kedua dengan urutan kedua dapat mengundang gelak tawa seluruh penonton.
Yang membuat tertawa yakni para penari ronggeng bugis yang ditarikan 8 penari cowok dengan dandanan perempuan dengan tema komikal. ronggeng bugis yang berceritakan pasukan suku bugis yang ditugas kesultanan cirebon untuk mengusir bangsa belanda dengan menyamar sebagai pengamen yang berdandan perempuan tersebut. (Rifai/Sukoco/red)


No comments:

Post a Comment