Banser Satkoryon Dlingo Bantul Siap Memerangi Politik Uang - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


06 October 2018

Banser Satkoryon Dlingo Bantul Siap Memerangi Politik Uang


BANTUL, suarakpk.comSebanyak 300 anggota Banser satkoryon Dlingo kabupaten Bantul Yogyakarta Minggu pagi 30 September 2018 mengadakan apel siaga dengan tema melawan politik uang. Apel siaga yang dilaksanakan di Alas literasi Muntuk Dlingo Bantul Yogyakarta itu dihadiri pula oleh unsur dari Danramil Kecamatan Dlingo dan seluruh calon Anggota Legislatif dari Daerah Pemilihan 3 Bantul khususnya Kecamatan Dlingo.
Dalam apel siaga yang berlangsung Hikmat tersebut bertindak sebagai Pembina Apel Ketua MWac Kecamatan Dlingo,Ahmad Musyadat Msi, dalam amanatnya mengatakan bahwa Pemilu merupakan langkah awal untuk menentukan kehidupan masyarakat untuk itu agar terbentuk wakil rakyat yang memiliki integritas, jujur dan adil maka gerakan melawan politik uang harus digaungkan secara masif di semua kalangan.
Sedangkan deklarasi Banser Satkoryon Dlingo yang dibacakan oleh salah satu anggota Banser, menyatakan bahwa Banser yang merupakan Garda terdepan pemersatu bangsa, sehingga Banser siap memerangi politik uang dan menjaga serta mengawal pemilu 2019, sehingga menjadi pemilu yang berkualitas, dan Banser berjanji tidak akan menerima atau memberi uang, untuk membeli suara dan mendukung penuh penanganan dan penegakan terhadap politik uang.
Sementara, Ketua Banser Satkoryon Dlingo, Wahyudi menegaskan bahwa ide acara apel siaga memerangi praktik money politik ini murni lahir dari pemikiran teman teman Banser sendiri.
Sementara calon anggota Legislatif dari Partai Kebangkitan Bangsa, Yasmuri MPdi yang hadir pada acara tersebut, menyampaikan bahwa deklarasi melawan politik uang ini adalah acara yang sangat luar biasa dan baru pertama kali terjadi di Dlingo,
dia berharap agar perang melawan politik uang ini merupakan tonggak sejarah untuk memperbaiki kualitas pemilu 2019.
Hal senada, dikatakan oleh calon anggota legislatif dari Partai Amanat nasional, Maryono bahwa deklarasi ini suatu pemikiran yang luar biasa.
“bagi kami baru tahun ini muncul pemikiran cerdas dari teman-teman Anshor satkoryon Dlingo, untuk melawan politik uang semoga ini menjadi embrio di Kabupaten Bantul khususnya Daerah Istimewa Jogjakarta dan juga di tingkat nasional saya sangat mendukung acara ini dan semoga ini menjadi langkah bagi perbaikan kondisi bangsa.” tutur Maryono.
Hal yang sama disampaikan oleh calon anggota legislatif dari PSI Yekti Utami, mengatakan kalau deklarasi ini benar-benar bisa dijalankan akan sangat luar biasa. “kita itu mengajak masyarakat Dlingo untuk sama-sama belajar dan memulai gerakan melawan politik uang itu dari bawah, dimulai dari diri sendiri, keluarga dan masyarakat karena perubahan itu dimulai dari kita masing-masing.” Kkata Utami

Di sisi lain, Babinsa Desa Muntuk, Serda Drajat Haryanto yang hadir di acara deklarasi melawan politik uang juga mengatakan bahwa Koramil Dlingo sangat menghargai kesemangatan Ansor untuk melawan politik uang karena politik uang sangat bertentangan dengan norma berbangsa dan bernegara

Gaung melawan politik uang juga mewarnai proses Pemilihan Lurah Desa Temuwuh dan Lurah Desa Mangunan Kecamatan  Dlingo yang pemungutan suaranya akan dilaksanakan serentak pada tanggal 14 oktober 2014, beberapa spanduk, poster, baliho yang berisi ajakan memerangi politik uang terpasang di beberapa sudut wilayah Desa Temuwuh.
Terpisah, Tokoh pemuda Desa Temuwuh, Soeraji ketika ditemui suarakpk, hari Rabu (3/10) kemarin, menyampaikan bahwa ide memerangi politik uang ini merupakan kesadaran berpolitik dari sebagian besar Pemuda desa temuwuh, karena menurut Soeradji, pengalaman 6 tahun yang lalu pemilihan lurah Desa temuwuh saat itu tidak lepas dari praktek money politik.
“hari ini Pemuda dan juga masyarakat desa Temuwuh bersama-sama bersinergi memerangi money politik , itu menandakan bahwa warga sudah sadar berpolitik sadar hokum.” ungkap Soeradji

Ditambahkan, hal yang sama terjadi pada proses pemilihan lurah Desa Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, himbauan untuk memerangi politik uang cukup menggema di seluruh lapisan masyarakat desa Mangunan, seperti yang dikatakan oleh salah seorang tokoh Desa Mangunan Haji Jiono Ikhsan mengajak kepada para pemilih pada pemilihan Lurah Desa Mangunan untuk bersama-sama memerangi politik uang, sehingga bisa dihasilkan pemimpin yang berkualitas yang diseleksi bukan dengan uang tetapi dengan kapasitas diri dari Calon Lurah tersebut. (330/red)

No comments:

Post a Comment