AGK Klarifikasi Kunker yang Diklaim Praktek Money Politik - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


24 October 2018

AGK Klarifikasi Kunker yang Diklaim Praktek Money Politik


TERNATE, suarakpk.com - Gubernur Abdul Gani Kasuba akhirnya angkat bicara soal kasus dugaan money politik yang saat ini di proses oleh Bawaslu Kabupaten Kepulauan Sula. Juru bicara Pemprov Malut, Armin Zakaria dalam releasenya hari ini, Rabu (24/10/2018) mengatakan, kunjungan Kerja Gubernur Maluku Utara ke  Sanana saat pelaksanaan PSU beberapa waktu yang lalu, ada pembelokan opini seolah-olah gubernur melakukan upaya money politik kepada masyarakat. Sehingga perlu  diklarifikasi kepada semua pihak terutama masyarakat,  agar jangan dipolitisasi dan dipengaruhi oleh pihak ataupun kelompok tertentu yang ingin mengacaukan dan membuat gaduh dengan opini yang sesat. ”Perlu kami jelaskan bahwa Kunjungan Gubernur yang dilakukan ke Kepulauan Sula semata-mata bagian dari tugas, wewenang dan tanggung jawab gubernur selaku kepala daerah dan wakil Pemerintah pusat sebagaimana Ketentuan PP Nomor 33 Tahun 2017 tentang kedudukan Gubernur sebagai wakil Pemerintah Pusat. Kunjungan gubernur tersebut dilakukan bersama-sama dengan unsur Forkopimda Maluku Utara, disitu ada Kapolda, Ketua DPRD  Alien Mus, Kabinda dan yang lain,”sebut Armin.

Ditegaskan Armin, Dalam Kunker itu Gubernur dan Forkopimda harus memastikan pelaksanaan PSU harus betul-betul aman, lancar serta tidak ada kendala apapun, seperti yang terjadi sebelumnya yang menimbulkan begitu banyak pelanggaran yang sifatnya Terstruktur, Sistematis dan Masif oleh pasangan yang lain. ”Perlu ingat bahwa PSU ini terjadi karena ada paslon lain yang sengaja melakukan pelanggaran yang luar biasa sehingga MK memerintahkan pelaksanaan PSU di 3 lokasi tersebut,”tegasnya.

Dijelaskan Armin, perlu disampaikan lebih detail kronologisnya agar masyarakat jangan mudah dibodohi oleh informasi yang menyesatkan. Bahwa kunjungan Gubernur ke rumah salah satu warga yang sakit di Desa Umaloya kecamatan Sanana dan memberikan bantuan biaya pengobatan, hal ini dilakukan oleh Gubernur bersama-sama dengan Forkopimda, dan disaksikan oleh unsur Forkopimda yang lain, serta unsur Bawaslu dan Panwas yang mendampingi. Bukan dilakukan gubernur secara diam-diam sebagai kandidat bersama tim suksesnya sebagaimana potongan foto yang beredar saat ini. “Konteksnya tidak seperti itu. Jadi hal ini jangan dipolitisir seolah-olah ada upaya Money Politik,untuk mempengaruhi orang untuk mencoblos pasangan AGK. ini fitnah yang menyesatkan, ingat bahwa tidak semua pemberian bantuan kepada masyarakat selalu dianggap Money politik, kita harus lihat dulu konteksnya. Gubernur sangat tahu dan selalu berhati-hati dalam melihat persoalan ini,”tandasnya.

Ditambahkan Armin, pemberian uang untuk biaya pengobatan itupun dilakukan setelah PSU. Dimana Gubernur beserta FORKOPIMDA berkeliling ke Desa Umaloya pada jam 15.30 WIT, saat itu proses pemungutan Suara di TPS 1 telah selesai, petugas TPS baru saja kembali dari rumah salah satu warga yang sakit tersebut.”Sehingga gubernur dari sisi kemanusiaan tentunya merasa tersentuh hatinya untuk membantu pengobatan warga masyarakat tak mampu terkena sakit,”tutupnya.(rd).

No comments:

Post a Comment