Wagub, Akui Secara Nasional IPM Malut Masih Dibawah Standar - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


02 September 2018

Wagub, Akui Secara Nasional IPM Malut Masih Dibawah Standar



TOBELO, suarakpk.com - Wakil Gubernur Malut Ir M. Natsir Thaib mengakui Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Provinsi Maluku Utara masih tertinggal jauh dari daerah lainnya di Indonesia. Hal tersebut diungkapkannya pada saat memberikan sambutan pada acara Dies Natalis ke 10 dan wisuda periode X Universitas Halmahera, Tobelo Kabupaten Halmahera Utara, Sabtu (01/09/2018).

"Bahwa pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) menjadi sebuah catatan yang harus kita cermati secara bersama, meskipun secara progres, dari tahun ke tahun Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Maluku Utara terus meningkat, namun secara nasional, pengukuran IPM yang salah satu indikatornya adalah indeks pengetahuan, kita masih sangat jauh tertinggal."kata mantan pj Bupati Haltim itu.

Untuk itu, Pemerintah Provinsi melalui Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan terus menggenjot bidang kualitas pendidikan di Maluku Utara, baik penyediaan sarana dan prasarana pendidikan maupun pemberian beasiswa dan program pendukung lainnya. Selain itu wagub juga mengingatkan bahwa
Inteleketualitas haruslah dibarengi dengan kapasitas, kapabilitas serta integritas dan interkoneksitas.

"Apalagi basic keilmuan yang diwisuda tahun ini adalah dibidang pertanian. Masih banyak lahan tidur yang belum di daya gunakan, masih banyak tanah kosong yang belum dimanfaatkan, masih banyak hasil pertanian dan perkebunan yang belum dikelola dengan baik. Bahkan masih banyak kebutuhan-kebutuhan dapur, sayur-mayur dan buah-buahan yang harus kita datangkan dari luar daerah,"paparnya.

Sebelumnya sambutan Rektor Universitas Halmahera (UNIRA) Jubhar Ch. Mangembulude menyampaikan laporan jumlah kelulusan tahun 2018 sebanyak 243 orang, yang terdiri dari 18 wisudawan sarjana magister (S2) Teologi dan 225 sarjana S1.

Selain itu, badan pengurus yayasan Unira, yang diwakilkan kepada mantan Bupati Halut Djidon Hangewa yang telah mengapresiasi kemajuan universitas Unira merupakan kerjasama dengan semua pihak dan termasuk juga bantuan pemda Provinsi Malut, Pemkab Halut, Kopertis Wilayah XII dan pada khususnya masyarakat Halut. (rd/red).

No comments:

Post a Comment