Peringati Malam 1 Suro, Warga PSHT sub rayon balan Gelar Tirakatan dan Doa Bersama - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


13 September 2018

Peringati Malam 1 Suro, Warga PSHT sub rayon balan Gelar Tirakatan dan Doa Bersama



Lamongan, suarakpk.com- Peringati malam 1 Suro, ratusan warga PSHT adakan tirakatan dan doa bersama di padepokan tirta wening. dusun balan desa banjarejo, Senin malam (10/9). Satu Muharram 1440 H yang juga dikenal dengan sebutan malam 1 Suro ini bertepatan jatuh pada Selasa 11 September 2018 M.

Oleh ratusan warga PSHT  menyelenggarakan tirakatan dan doa bersama yang ditujukan terhadap pendiri PSHT Ki Hadjar Hardjo utomo dan leluhur pencak silat sebagai cikal bakal perlawanan terhadap penjajah di bumi. Para leluhur merupakan pahlawan perintis kemerdekaan di Indonesia.

"Malam 1 Suro sebagai wujud pelestarian adat istiadat serta wuri-wuri budaya leluhur. Sebab itu, para pendekar PSHT di malam tersebut diadakan tirakatan dan doa bersama yang malam ini bertepatan dengan ulang tahun sub rayon PSHT dusun balan. ke- 14 tahun," ungkap sesepuh PSHT Mas bambang sutiawan kepada jajaran sub rayon balan.

Para siswa dan warga setelah membaca doa tahlil kemudian dilanjutkan sebagai penanda pergantian hari pada pukul 00.00 WIB. Para warga PSHT diberangkatkan untuk melaksanakan tirakatan dengan cara berjalan keliling dusun balan perkampungan desa untuk melantunkan doa dan harapan di dalam hati masing-masing agar wilayah perkampungan desa terhindar dari marabahaya maupun tolak bala dalam masa satu tahun mendatang.

"Sebagai bukti tujuan utama PSHT didirikan untuk mendidik manusia berbudi luhur," ungkap Ketua sub rayon mas bambang sutiawan.

Selain itu, para siswa dan warga PSHT dalam melaksanakan tirakatan yang berjalan mengitari perkampungan sebagai bentuk tanggung jawab sosial masyarakat maupun lingkungan.

"Tidak lupa  begitu antusias panitia suran menyajikan beberapa ragam makanan dari ayam panggang, ataupun klepon siswa dan warga begitu antusias guyub rukun makan bersama menyambut Malam Satu Suro 1 Muharram 1440 H dan tidak lupa bagi-bagi ke seluruh masyarakat Dusun balan klepon 450 kotak,

Warga masyarakat Dusun balan bilang alhamdulillah Malam  Satu Suro dapat kiriman klepon dari warga PSHT sub rayon balan kata masyarakat.

"Diakhiri doa bersama yang dipimpin ketua sub rayon balan Bambang Setiawan hingga akhir jam 03.00 pagi," ungkapnya (Red/202).

No comments:

Post a Comment